in

Cara Mengatur Ruangan Supaya Kamu Betah di Rumah

cara mengatur ruangan
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tinggal di rumah yang sama selama bertahun-tahun mungkin bikin kamu bosan, apalagi dengan tampilan yang begitu-begitu saja. Karena itu, kamu memerlukan sedikit pembaharuan di dalamnya supaya rumah dan segala sisinya enak dipandang. Lalu, bagaimana cara mengatur ruangan supaya kita merasa betah saat berada di rumah? Melansir Cermati.com, begini tipsnya.

cara mengatur ruangan
Foto: Pixabay
  1. Bersihkan rumah secara menyeluruh

Bersihkan rumah secara menyeluruh mulai dari lantai, furnitur, kaca, langit-langit rumah, hingga bagian yang sulit dijangkau karena di sinilah debu biasanya menempel. Setelah rumah bersih, cobalah untuk mengepel rumah agar lantainya nyaman dipijak.

  1. Perbarui konsep ‘interior’ rumah

Mengubah konsep interior sama saja seperti mengatur ulang tata letak furnitur yang ada di dalam rumah sehingga tampilan rumah terlihat segar. Untuk sofa atau lemari, sebaiknya ditempatkan di sudut ruangan agar tidak mengganggu ruang furnitur lain. Atur tata letak furnitur sebaik mungkin. Jika kamu kehabisan ide, coba cari referensi di media sosial seperti Instagram, Tumblr, atau Pinterest.

  1. Ganti warna cat pada dinding

Cat rumah yang sudah digunakan bertahun-tahun akan pudar seiring berjalannya waktu, terutama jika sering kena hujan. Warna yang pudar tentu saja kurang enak dipandang. Nah, sekarang saatnya untuk mengecat dinding rumah kembali dengan warna berbeda. Kombinasikan warna-warna terang dan kalem untuk mendapatkan kesan homey seperti warna putih, cokelat, krem, dan abu-abu.

  1. Tambahkan hiasan khusus yang menarik

Pada area yang masih kosong, sebaiknya tambahkan hiasan-hiasan kecil. Misalnya tanaman, buku, majalah, atau bingkai foto. Perhatikan penempatan hiasan tersebut untuk mendapatkan hasil dekorasi terbaik. Untuk konsep homey, hiasan berwarna krem dan kecokelatan menciptakan efek teduh juga klasik. Sementara, rumah yang berkonsep minimalis, pemilihan hiasan berukuran mungil sangat tepat untuk menghemat tempat.

  1. Jangan abaikan bagian eksterior

Setelah bagian interior beres, sekarang saatnya untuk membereskan dan membersihkan bagian eksterior. Teras yang bersih membuat siapa pun nyaman saat memandangnya. Nah, supaya bagian eksterior terlihat seperti baru, kamu bisa menambahkan pepohonan kecil di sekitar teras rumah. Selain mempercantik teras, pepohonan ini membuat udara semakin sejuk, terutama di siang hari yang terik.

seni grafis

Macam-Macam Seni Grafis Unik

penyebab stres

Stop Begadang! Kurang Tidur Jadi Penyebab Stres