in ,

Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah, dari yang Mahal hingga Termurah

jangan galau dulu, coba baca deh di bawah ini

mengecilkan pori-pori
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Apakah kamu pernah mendengar istilah “no pori-pori”? Sebutan itu digunakan untuk seseorang dengan wajah yang terlihat seperti tidak berpori-pori, padahal mereka tetap memilikinya, hanya saja tersamarkan dan tidak berukuran besar. Mengecilkan pori-pori menjadi salah satu treatment kecantikan yang sering dilakukan. Faktanya, banyak wanita yang lebih percaya diri ketika pori-pori di wajah bisa tersamarkan.

Sebelum kamu insecure karena pori-pori di wajah terlalu eksis, kamu harus memahami pori-pori terlihat di wajah itu adalah hal yang wajar. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, mereka yang dengan tipe kulit kering ataupun berminyak.

Ada banyak pemicu pori-pori membesar di kulit. Pada tipe kulit berminyak, pori-pori mudah membesar karena produksi minyak di wajah cukup tinggi sehingga membutuhkan jalan keluar yang lebih besar.

Pada tipe kulit kering, pori-pori terbentuk akibat daya elastis kulit mengecil. Oleh karena itu, ketika sudah membesar, pori-pori akan kesulitan untuk kembali ke ukuran semula.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori, mulai dari cara mahal hingga cara super murah. Namun, yang jelas harga akan menentukan hasil yang didapatkan.

Cara mengecilkan pori-pori yang mahal adalah datang ke klinik atau dokter kecantikan untuk melakukan treatment pengecilan pori-pori.

Kalau budget kamu tidak cukup untuk melakukan treatment tersebut, kamu bisa melakukan facial peeling untuk mengangkat komedo yang menumpuk di pori-pori. Setelah itu, kamu baru bisa mengecilkan pori-pori. Cara ini akan membutuhkan budget yang lebih kecil dibandingkan treatment pengecilan pori-pori secara langsung.

Sementara itu, cara yang paling murah adalah mengangkat komedo dengan porepack komedo yang sudah banyak dijual di supermarket. Cara ini paling mudah dan murah, tapi hasilnya tidak semaksimal treatment di klinik.

Agar komedo bisa terangkat dengan baik, cuci wajah terlebih dahulu. Lalu, siapkan air panas yang sudah mendidih di dalam wadah dan letakkan wajah di atas wadah untuk mendapatkan uap panas air tersebut. Lakukan hal tersebut selama lima menit agar pori-pori semakin membesar. Setelah itu, pasang porepack di bagian-bagian yang menurut kamu mengandung banyak komedo.

Setelah pengangkatan komedo, bersihkan muka dengan benar agar seluruh kotoran dan komedo bisa terangkat.

Wajah harus rutin dibersihkan sebanyak dua kali sehari. Bersihkan sesuai dengan urutan yang benar, mulai dari micellar water, facial wash, toner, pelembap, dan tabir surya. Gunakan juga clay mask dan konsumsi makanan sehat agar kulit ternutrisi dari luar dan dalam.

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan serum yang water base. Ada banyak serum yang bisa mengecilkan pori-pori di wajah.

Hindari memencet komedo sendiri di rumah karena bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi semakin parah. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan porepack, cukup satu minggu sekali.

Kalau tipe kulit kamu berminyak, sebaiknya hindari oil cleansing karena bisa menambah sumbatan di pori-pori. Gunakan pembersih yang berbahan dasar air seperti micellar water.

 

daesang

Sering Dengar Kata Daesang? Ini Artinya

film dreadout

DreadOut, Film Horor Adaptasi dari Game Besutan Anak Bangsa, Recommended?