in

Cara Menggunakan Inhaler yang Aman

apakah inhaler aman untuk digunakan?

menggunakan inhaler
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat terkena flu terkadang disertai dengan hidung tersumbat, kondisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan karena selain menghambat pernapasan, hidung tersumbat juga dapat menyebabkan sakit kepala. Salah satu pengobatan yang sering digunakan masyarakat adalah menggunakan inhaler yang dinilai lebih efektif.

Inhaler merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk menghantarkan obat ke dalam tubuh melalui paru-paru. Saat kamu terkena flu, virus yang masuk ke tubuh menyerang sistem pernapasan yang terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Menggunakan alat kesehatan dinilai lebih efektif karena bisa melegakan hidung tersumbat dalam waktu yang cepat. Namun, penggunaan inhaler ini dapat meninggalkan efek samping berupa sensasi panas di bagian hidung, hal tersebut bisa menyebabkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Obat yang digunakan secara dihirup ini biasanya mengandung menthol, minyak pinus, dan camphor. Jika kamu menggunakan inhaler harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan. Gunakanlah dalam posisi tegak dan hirup sedalam-dalamnya tiap lubang hidung, cara tersebut dapat membuat sistem pernapasan menjadi terasa lebih lega dan sejuk.

Namun, para pakar kesehatan banyak yang menyarankan untuk tidak bergantung pada penggunaan inhaler karena ada bahan yang cukup berbahaya jika terus-terusan digunakan. Sebaiknya, gunakan bahan yang lebih alami untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Meskipun hingga saat ini banyak orang yang tidak mengalami efek samping saat menggunakan obat inhaler.

Jika kamu ragu menggunakan obat hirup ini untuk melegakan saluran pernapasan yang tersumbat, kamu bisa mengunakan cara alami dengan menghirup uap panas. Cara ini tidak berisiko bagi saluran pernapasan dan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan inhaler adalah iritasi atau reaksi alergi jika digunakan berlebihan, apalagi digunakan oleh anak-anak. Inhaler juga tidak boleh digunakan oleh orang yang mengidap alergi pada bahan yang terkandung di dalamnya.

Pada beberapa pasien, inhaler justru menyebabkan kondisi flu semakin parah. Jadi, sebaiknya meminimalisir penggunaan alat ini dan lakukan pengobatan secara alami untuk mengatasi hidung tersumbat dengan mandi menggunakan air hangat, konsumsi makanan atau minuman hangat, posisi kepala saat tidur lebih tinggi agar nyaman saat bernapas, gunakan minyak penghangat di badan dan menggunakan larutan garam untuk membersihkan saluran hidung.

 

berdamai dengan masa lalu

Cara Mudah Berdamai dengan Masa Lalu

meningkatkan minat baca

Cara Meningkatkan Minat Baca Bagi Kamu yang Jarang Membaca