in

Cara Menghadapi Masalah yang Pelik, Kamu Pasti Bisa!

masalah ada untuk dihadapi, tenang kamu pasti bisa!

cara menghadapi masalah
foto: pixabay

Ngobrolin.id— Masalah memang bumbu dari kehidupan yang harus kamu hadapi dan selesaikan. Namun, tidak semua orang siap dengan masalah sehingga tidak tahu bagaimana cara menghadapi masalah yang cukup pelik. Akhirnya, mereka sering mengambil keputusan yang salah atau mengambil tindakan yang kurang tepat.

Saat kamu sedang memiliki permasalahan yang berat, sebaiknya coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk menghadapi masalah. Berikut ini beberapa cara untuk menghadapi masalah dalam hidup.

Mengambil jeda

Kamu memerlukan ruang untuk berpikir dan menjauh dari orang-orang yang bisa memengaruhi kondisi emosional. Gunakan jeda tersebut untuk berpikir sejenak tentang masalah yang sedang dialami. Kamu juga bisa menggunakannya dengan berdoa kepada Tuhan untuk mendapatkan energi positif dan berintrospeksi diri. Tenangkan terlebih dahulu sebelum pada akhirnya kamu harus berjuang menghadapi masalah tersebut.

Mencari solusi dengan menggunakan ‘jika maka’

Cara menghadapi masalah yang harus dilakukan adalah menghadapi masalah dengan solusi. Kamu bisa mencari solusi jalan keluar dengan konsep ‘jika maka’.

Misalnya, kamu baru saja merusak hape teman, solusi yang bisa dilakukan adalah memperbaikinya atau membelikannya yang baru. Jika membelikan yang baru, kamu membutuhkan uang yang cukup banyak. Atau, jika membetulkannya, kamu harus memastikan hape bisa berfungsi dengan benar kembali. Segala keputusan yang kamu ambil akan memiliki konsekuensi yang harus ditanggung.

Cerita ke orang yang tepat

Menanggung beban sendiri memang tidak mudah, apalagi kamu harus mencari solusi jalan keluar dari masalah ini. Kamu bisa meringankan beban pikiran tersebut dengan menceritakannya kepada orang yang tepat untuk berbagi sudut pandang dan meminta solusi. Atau, jika tidak mendapatkan solusi, setidaknya kamu bisa mengeluarkan beban yang sedang ditanggung saat bercerita dengannya.

Fokus untuk memperbaikinya

Setelah kamu sudah melakukan beberapa hal di atas, selanjutnya kamu harus berusaha. Berusaha untuk menyelesaikan semuanya sesuai dengan rencana yang sudah dirancang. Yang penting, jangan gegabah mengambil keputusan yang kurang baik untuk mengatasi masalah.  Menenangkan pikiran sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi agar mendapatkan solusi.

bad genius

Sudah Nonton Bad Genius, Belum?

my lecture my husband

My Lecturer My Husband, Film Seri Prilly Latuconsina dan Reza Rahadian