in

Cara Menghemat Kuota Instagram agar Tidak Boros

berselancar semakin nyaman tanpa takut kuota boros

menghemat kuota instagram
foto : unsplash

Ngobrolin.id — Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat, bahkan tingkat penggunaannya sangat tinggi. Hal tersebut membuat kuota internet menjadi semakin boros karena kuota data internet yang dibutuhkan cukup tinggi apabila intensitas penggunaannya tinggi. Sebenarnya, kamu bisa menghemat kuota Instagram dengan cara mudah untuk mencegah kuota cepat habis.

Pada 2019, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 61.610.000 dengan akun aktif. Artinya, hampir 22,6 persen atau hampir seperempat orang Indonesia merupakan pengguna Instagram. Gender perempuan tercatat lebih tinggi dibanding pria.

Ada dua cara untuk menghemat konsumsi data Instagram, yaitu dengan mode hemat daya dan menurunkan resolusi media. Dengan dua cara itu, penggunaan kuota akan jauh lebih hemat dan bisa bertahan lebih lama.

Namun, ada beberapa efek yang ditimbulkan dari dua cara tersebut. Mode hemat daya akan membuat video jadi lebih lama. Sementara itu, menurunkan resolusi media bisa membuat kualitas media menjadi turun sehingga kamu tidak bisa melihatnya dengan jelas atau jernih. Berikut ini cara menghemat kuota Instagram yang bisa kamu lakukan.

Mode hemat daya

Yang membuat penggunaan data internet menjadi sangat besar adalah pemutaran video yang berjalan lancar dengan resolusi yang tinggi. Untuk menghemat penggunaan kuota, pemutaran video tersebut bisa dibatasi dengan mode hemat daya. Berikut ini tahapan yang bisa kamu ikuti.

  • Buka profil kamu dan tap ikon tiga baris yang berada di kiri atas
  • Buka pengaturan dan pilih menu Akun
  • Pilih penggunaan data seluler
  • Aktifkan penghemat data yang ditandai dengan warna biru

Mode beresolusi tinggi

Penggunaan mode ini akan membuat pemutaran video menjadi lebih lambat jika berselancar di Instagram dengan data internet. Kamu bisa memilih mode beresolusi tinggi hanya pada saat penggunaan Wi-Fi.

Kamu juga bisa memilih pilihan lain, seperti tidak pernah mengaktifkan mode beresolusi tinggi, Wi-Fi saja, atau seluler dan Wi-Fi. Jika kamu mengaktifkan Wi-Fi saja, artinya kamu bisa melihat video beresolusi tinggi saat menggunakan Wi-Fi.

lagu terbaru nadin amizah

Lagu Terbaru Nadin Amizah yang Wajib Didengar

kol goreng

Begini Cara Membuat dan Mengonsumsi Kol Goreng yang Aman