in , ,

Cara Menghibur Teman yang Patah Hati

cara mudah menghibur teman yang sedang patah hato

menghibur teman
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sebagai teman, kamu pasti ingin menghibur teman yang sedang dilanda patah hati. Namun, tidak tahu apa yang harus dilakukan agar teman tersebut bisa terhibur mengingat kondisinya yang sedang dirundung kegalauan. Menghibur temanyang sedang patah hati memang agak sulit, kamu harus menyesuaikannya dengan kondisinya.

Yang harus diperhatikan adalah kamu tidak bisa mengubah dirinya, kamu hanya bisa menghibur dirinya. Yang bisa mengubah dirinya menjadi lebih baik adalah kemauan dari dirinya sendiri. Berikut ini beberapa cara umum yang bisa digunakan untuk menghibur teman yang sedang patah hati.

Membiarkan ia bercerita

Biarkan ia bercerita apa yang menjadi beban di hatinya, bahkan jika harus sampai menangis. Jangan memotong ceritanya dan jangan berusaha disanggah, pada saat itu teman kamu hanya butuh tempat cerita. Dengarkan saja, meski rasanya ingin memberikan banyak nasihat.

Bersimpati

Saat teman masih sedih bukan waktu yang tepat untuk menyalahkan perbuatannya. Cobalah untuk menenangkannya terlebih dahulu.

Jangan kompor

Jangan membahas hal-hal yang terkait dengan mantannya. Mungkin kamu sebal dengan keputusan teman atau mantannya, tapi bukan waktu yang tepat untuk menjelekkan mantannya di depan temanmu yang masih sedih. Daripada menyalahkan si mantan, mendingan kamu mengajak teman untuk melupakannya. Ajak ia untuk bangkit dan menatap lurus ke depan.

Ajak untuk berlibur

Daripada kebanyakan nasihat yang membuat ia malah mengingat-ingat sang mantan, sebaiknya ajak teman kamu berlibur, misalnya pergi nonton film, makan, atau berlibur ke tempat yang kalian senangi. Dengan begitu, secara perlahan teman kamu bisa bangkit dari rasa sedihnya.

Kamu bisa mengajaknya pergi berlibur atau mengajak untuk melakukan aktivitas yang ia senangi. Tapi, jangan memaksa, ya! Dengar-dengar, orang yang patah hati sering kehilangan gairah untuk melakukan aktivitas, termasuk aktivitas yang digemarinya. Kamu harus sabar untuk menghadapinya.

Sediakan waktu untuknya

Selama masa patah hati, kamu bisa meluangkan waktu untuk temanmu agar ia tidak merasa sendirian. Kehadiran kamu bisa menjadi hiburan baginya, apalagi jika kamu memang teman satu-satunya yang mengetahui kondisi teman. Kamu bisa melakukan aktivitas bersamanya, misalnya berdiskusi, nonton TV, atau kegiatan positif lainnya.

hadiah untuk bayi

Ragam Ide Hadiah untuk Bayi

indomilk

Ada Apa dengan Indomilk dan BTS?