in ,

Cara Menghilangkan Bekas Cacar pada Anak

cara menghilangkan bekas cacar pada anak
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Cacar air adalah infeksi yang bisa menyebabkan demam tinggi dan timbulnya rasa gatal disertai benjolan kecil berair di seluruh tubuh. Di Indonesia, cacar air kerap dialami oleh anak dari usia bayi hingga remaja. Bekas cacar air di kulit biasanya terjadi karena benjolan mengalami luka dan pecah. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar pada anak?

Dilansir dari Health Line, ada beberapa metode yang bisa Moms gunakan untuk menghilangkan bekas cacar pada kulit si buah hati.

Gunakan Vitamin E

Walau belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin E mampu menghilangkan bekas cacar, vitamin E bisa dijadikan bahan tambahan atau campuran untuk membuat bekas cacar hilang.

Aloe vera

Aloe vera biasa digunakan untuk mengatasi luka bakar. Selain itu, bisa digunakan juga untuk menghilangkan bekas cacar air pada anak.

Cocoa butter

Teksturnya yang lembut mampu melembapkan kulit dan dipercaya mampu mengurangi bekas cacar, walau tidak bisa membuat bekas cacar sepenuhnya menghilang.

Rosehip oil

Minyak alami ini terbuat dari bunga mawar yang memiliki anti-oksidan dan phytochemical yang baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas, cara menghilangkan bekas cacar pada anak juga bisa Moms lakukan dengan mengoleskan berbagai jenis krim yang berfungsi untuk menghilangkan bekas cacar.

Krim Retinol

Krim ini kaya akan vitamin A yang terbukti ampuh untuk memperbanyak produksi kolagen dan mampu menghilangkan bekas cacar air. Mengoleskan krim retinol setiap malam sebelum tidur mampu menstimulasi kolagen dalam kulit.

Exfoliants

Exfoliants mampu menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi terlihat lebih awet muda. Biasanya, kandungan exfoliants bisa ditemukan pada berbagai produk kecantikan.

Krim untuk bekas luka

Selain menggunakan krim-krim tadi, cara menghilangkan bekas cacar bisa menggunakan berbagai krim penghilang bekas luka yang dijual di apotek. Perlu diingat, untuk memakai krim ini, harus ada resep dari dokter untuk mengetahui obat dan krim yang tepat bagi anak.

cara menghemat kuota di Android

Cara Menghemat Kuota di Android Tanpa Aplikasi

tanda kamu sudah dewasa

Ini Tanda Kamu Sudah Dewasa