in

Cara Menghindari Bahaya Polusi Udara

Bahaya polusi udara bisa merusak kesehatan pernapasan lho.

Ngobrolin.id — Debu hasil polusi udara yang terhirup akan menyebabkan masalah pernapasan dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Sangat mungkin kamu akan mengalami gejala seperti tenggorokan kering, mata perih, dan batuk saat berada di lingkungan yang polusi udaranya tinggi. Lalu, bagaimana cara menghindari bahaya polusi udara?

  1. Gunakan AQI guna mengecek kualitas udara di luar rumah

Jika kamu hendak berpergian keluar rumah, cek AQI (air quality index) yang dikeluarkan oleh lembaga resmi atau pemerintahan. Jika polusi udara sedang dalam tingkatan yang tinggi dan kamu harus keluar, batasi aktivitas sampai pagi hari atau tunggu sampai matahari terbenam.

Kamu juga sebaiknya menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat di lingkungan yang berdebu karena semakin cepat kamu bernapas, semakin banyak polusi udara yang kamu hirup.

  1. Bersihkan lantai dari debu dan kotoran secara berkala

Bahan kimia dan alergen dari polusi udara bisa terkumpul dan menumpuk menjadi debu di lingkungan ataupun di dalam rumahmu. Cara untuk meminimalisir penyebaran polusi udara ini adalah dengan menggunakan vakum yang mengandung filter HEPA.

Vakum atau pembersih jenis ini dapat mengurangi debu dan kotoran yang terbuat dari bahan kimia brominated (PBDEs), serta alergen seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan tungau debu.

  1. Jaga kelembapan udara di dalam rumah

Selain menggunakan filter HEPA, kamu disarankan untuk menjaga tingkat kelembapan di dalam ruangan rumah atau kantor. Kamu bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan udara ruangan. Coba jaga kelembapan udara sekitar 30—50 persen. Kelembapan dengan kadar tersebut dapat membantu mengendalikan alergen dan pemicu penyakit pernapasan lainnya.

  1. Ketika keluar rumah, pakai masker

Selalu pakai masker untuk menghalangi debu polusi udara terhirup yang bisa masuk ke saluran pernapasan. Namun, sebagian masker yang dijual di pasaran, bukanlah masker yang tepat untuk mencegah dan menghalangi polusi udara.

Kenakan perlindungan terbaik terhadap polusi karena masker yang terbuat dari beberapa lapis terbukti lebih baik untuk menyaring udara yang dihirup. Tindakan sederhana seperti pakai masker bisa melindungi kamu dari bahaya polusi udara yang mengintai setiap hari.

fakta hujan meteor

Intip Fakta Hujan Meteor yang Dikira Bintang Jatuh

penyebab mabuk perjalanan

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Hindari