in

Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

waspada dengan penipuan lowongan kerja

penipuan lowongan kerja
fotoL pixabay

Ngobrolin.id Penipuan lowongan kerja sudah terjadi sejak lama, hanya saja sekarang motifnya semakin beragam. Namun, kamu bisa mengidentifikasi dengan mudah agar tidak terkena penipuan. Tentu saja penipuan tersebut bisa merugikan hingga membahayakan kamu. Berikut ini beberapa ciri-ciri penipuan lowongan kerja yang harus kamu waspadai.

Lihat dari surat panggilan wawancara

Penipuan biasanya menggunakan surat panggilan wawancara yang asal-asalan. Misalnya saja, salah penyebutan kata dalam bahasa Inggris, terdapat typo, dan penggunaan tata bahasa yang berantakan.

Jika surat panggilan dikirim melalui email, perhatikan email pengirim. Surat wawancara resmi akan menggunakan akun perusahaan, tidak menggunakan email gratis. Namun, ada kalanya perusahaan juga menggunakan e-mail gratis. Nah, jika begitu, kamu bisa mengecek kebenaran e-mail itu dengan mengonfirmasi langsung melalui telepon ke kantor perusahaan tersebut.

Perhatikan pula nama pengirim panggilan wawancara yang dikirim melalui pesan teks seperti SMS atau WhatsApp. Dengan kemudahan teknologi, kini surat panggilan wawancara juga bisa dikirim melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan lainnya. Tetap cek kebenaran surat panggilan tersebut dengan mengonfirmasi langsung ke perusahaan, ya!

Cek nama perusahaan di Google

Biasanya dalam pesan berisi panggilan wawancara “bodong” mencantumkan nama perusahaan. Sebaiknya, cek terlebih dahulu nama perusahaan tersebut untuk mengetahui apakah benar ada perusahaan tersebut. Selain itu, periksa reputasi perusahaan dari Google, adakah masalah yang pernah terlibat dengan perusahaan tersebut. Jika nama perusahaan tidak ditemukan dalam Google, kamu sudah harus waspada.

Jangan mau bayar uang apa pun saat melamar pekerjaan

Saat ini banyak yang terjebak iming-iming akan diterima jika membayar uang terlebih dahulu. Dalam penerimaan karyawan, perusahaan tidak akan menarik biaya apa pun. Kalau kamu disuruh membayar uang terlebih dahulu, seperti uang muka atau uang seragam, jangan mau. Apalagi, jika langsung disuruh menandatangani surat bermeterai. Sebaiknya, baca terlebih dahulu isi suratnya. Oknum penipuan akan memaksa kamu untuk menandatangani dan membayar uang tersebut.

Lokasi wawancara

Lokasi wawancara pasti diadakan di perusahaan tersebut. Jika ada panggilan wawancara yang dilakukan di luar perusahaan, misalnya restoran, kamu harus mewaspadainya. Biasanya, mereka berdalih sebagai meeting point untuk membawa kamu ke perusahaan. Jangan pernah percaya dengan alasan apa pun, kalau lokasi yang diberikan di luar perusahaan.

Agen travel

Penipuan ini masih marak, yaitu meminta kepada korban untuk membayar agen travel karena lokasi tes dilakukan di luar daerah pelamar. Kalau kamu sudah mendapatkan pesan ini, sudah dipastikan ini adalah penipuan.

Website lamaran kerja

Saat ini ada banyak website atau akun Instagram yang memberikan informasi lowongan kerja. Sebaiknya, periksa langsung ke website perusahaan yang disebutkan, apakah benar sedang membuka lowongan atau tidak.

self healing

Cara Self Healing untuk Menyembuhkan Hati yang Terluka

bahaya gula

Bahaya Gula untuk Imun Tubuh