in

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

ketahui berat badan kamu

berat badan ideal
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Bagi sebagian orang, berat badan merupakan hal yang cukup memusingkan. Mengingat, badan gampang terlihat oleh orang lain sehingga mudah untuk dikomentari. Padahal, jika menurut orang lain kamu gendut, belum tentu kamu memang gendut. Begitupun sebaliknya, jika orang lain mengatakan kamu kurus, belum tentu kamu kurus menurut perhitungan rumus berat badan ideal.

Untuk mengetahui berat badan sudah ideal atau belum, kamu harus menggunakan rumus yang akan menampilkan kondisi berat badan. Tak ada salahnya untuk mencoba menghitung kondisi berat badan. Pasalnya, jika memang kondisi berat badan kamu sudah berada di atas atau bawah batas normal, kamu bisa mengambil tindakan agar tidak terjadi obesitas.

Obesitas sendiri merupakan kondisi berat badan di atas ambang batas normal. Memang tidak salah jika kamu tidak begitu peduli tentang berat badan, tetapi obesitas dapat menimbulkan dampak berbahaya bagi tubuh. Obesitas juga bisa disebabkan oleh tidak baiknya pola makan dan pola hidup kamu. Jadi, tidak ada salahnya kamu mulai memperbaiki pola makan dan pola hidup agar kondisi tubuh kamu tetap sehat dan prima.

Balik ke rumus berat badan ideal. Saat ini rumus yang sering digunakan oleh masyarakat adalah BMI atau Body Mass Index. BMI dalam bahasa Indonesia disebut dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan memiliki pengertian cara mudah untuk menghitung berat badan berdasarkan tinggi badan.

Namun, perhitungan IMT tidak begitu akurat bagi sebagian orang, seperti binaragawan, atlet, dan ibu hamil. Mereka pasti akan memiliki angkat IMT yang cukup tinggi, namun bukan berarti mereka sedang mengalami obesitas. Binaragawan dan atlet akan membutuhkan massa otot yang cukup tinggi untuk membentuk tubuh. Oleh karena itu, jika menghitung berat badan ideal dengan IMT, akan menampilkan angka yang fantastis, padahal hal tersebut adalah wajar.

IMT terbagi atas empat kategori untuk orang Asia:

  1. IMT di atas 25: obesitas
  2. IMT sekitar 23—24,9: kelebihan berat badan
  3. IMT 18,5—22,9: berat badan ideal atau normal
  4. IMT di bawah angka 18,5: berat badan di bawah normal

Kategori IMT hanya bisa diterapkan untuk orang yang sedang dalam kondisi sehat. Jangan dilakukan untuk menghitung berat badan seseorang yang memang sedang di bawah perlakuan medis, ya!

Cara menghitung IMT adalah berat badan dibagi dengan tinggi badan dalam satuan meter yang dipangkatkan dua (inget, ya, satuan meter bukan sentimeter). Nantinya, kamu akan mendapatkan besaran angka yang menggambarkan posisi berat badan kamu. Misalnya, berat badan kamu 50 kg, sedangkan tinggi badanmu 1,65 m. Jadi, IMT kamu adalah: 50/1,652 = 18,36 yang artinya, berat badan kamu ideal atau normal.

masker di wajah

Lakukan 5 Cara Ini Saat Menggunakan Masker di Wajah

film di 2020

Deretan Rekomendasi Film yang Bakalan Tayang di Tahun 2020