in

Cara Mengusir Rasa Kesepian

Jangan biarin diri kamu terus merasa kesepian, ya!

kesepian
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Terkadang, rasa kesepian bisa muncul kapan saja, bahkan ketika kamu sedang tidak sendiri. Rasa tersebut bisa dialami oleh siapa saja, mulai anak-anak hingga orang lanjut usia. Perasaan tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa menyebabkan dampak buruk yang tidak baik untuk kondisi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Nah, buat kamu yang tengah merasa kesepian, berikut ini Tim Ngobrolin punya beberapa rekomendasi cara yang dapat kamu coba, semoga berhasil, ya!

Melakukan hobi

Sibuk melakukan hal yang kamu suka, seperti hobi dapat mengalihkan pikiran kamu dari perasaan kesepian. Terlebih lagi, jika hobi tersebut bisa membawa kamu untuk berkomunikasi dengan orang banyak yang memiliki minat sama. Nah, dengan begitu kamu jadi memiliki ketertarikan untuk berkomunikasi dengan orang lain untuk membicarakan hobi tersebut.

Kurangi intensitas media sosial

Saat lagi kesepian sebaiknya jangan terlalu sering membuka media sosial karena hal tersebut justru malah membuat kamu semakin kesepian, lho! Pasalnya, kamu dapat melihat berbagai hal yang tidak bisa kamu kontrol, seperti unggahan teman kamu yang sedang berpesta atau sekadar hang out bersama sahabatnya. Setelah itu, kamu akan mulai membanding-bandingkan kehidupan kamu dengan orang lain.

Jadi, sebaiknya istirahat sebentar dari media sosial untuk memberikan kesempatan pada diri kamu tenang. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu yang selama ini sering digunakan bermain media sosial dengan berinteraksi langsung dengan orang-orang di sekitar atau melakukan hal bermanfaat lainnya.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri atas hal yang sudah terjadi di hidup kamu. Hal tersebut bisa menambah situasi menjadi runyam. Kamu harus belajar untuk berdamai dengan keadaan dan memaafkan diri sendiri. Setelah itu, belajar untuk memperbaiki kesalahan dan mulai mencintai diri sendiri.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk keluar dari perasaan yang dapat membuat kamu murung.

Membantu orang lain

Setelah membantu orang lain pasti akan timbul perasaan senang di dalam benak. Nah, tentu saja hal tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengempaskan rasa kesepian yang sudah mengganggu.

tempat bulan madu

Rekomendasi Tempat Bulan Madu yang Romantis

GoTo

5 Fakta GoTo Hasil Penggabungan Gojek dan Tokopedia