in

Cara Mengusir Tungau Kasur dengan Mudah

mengusir tungau kasur
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tungau kasur adalah pengganggu kecil yang sangat merepotkan. Pada orang yang kulitnya sensitif, gigitannya bisa memicu alergi. Tak jarang banyak yang kulitnya merasa gatal karena serangan tungau ini. Jika tidak ingin mendapati dirimu diserang, kamu harus segera mengusir tungau kasur itu dari singgasana ternyamanmu.

mengusir tungau kasur
Foto: Pixabay

“Bersihkan kasur secara berkala untuk menghindari tungau di kasur,” ujar dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok dan Bedah Kepala Leher, Arina Ikasari Muhtadi.

Selain itu, Arina mengajak masyarakat untuk mengingat kembali kebiasaan baik yang diajarkan orangtua zaman dulu. Dulu, orang terbiasa menjemur kasur.

“Tapi zaman sekarang, bayangin gimana kita mengangkat lateksnya, kasurnya? Belum kalau tinggal di apartemen, di mana bisa jemur?” katanya.

Sebagai solusi, Arina menyarankan untuk memasukkan sinar matahari ke kamar hingga menyentuh kasur. Buka gorden dan biarkan sinar mentari menyeruak.

“Jadi, misalnya Anda seharian pakai pendingin ruangan, begitu mau berangkat kerja, buka gorden, biarkan sinar matahari masuk,” jelas dia.

Bila sinar matahari tak dapat masuk ke kamar, Arina pun menyarankan untuk pindah kamar. Hal itu sangat penting, terutama bagi orang-orang yang menderita alergi gigitan tungau. Namun, Arina mengatakan saat ini teknologi telah semakin canggih. Hal itu dibuktikan dengan adanya jenis kasur yang dilapisi kain yang antijamur, antitungau, dan antibakteri.

Di samping itu, pembersihan matras dengan vakum juga sebaiknya dilakukan secara berkala untuk menghalau tungau. Waktu terbaik untuk membersihkan matras adalah sekitar tiga hingga enam bulan sekali.

kelola kecemasan

Kelola Kecemasan dengan Olahraga Teratur

autisme bukan gangguan

Autisme Bukan Gangguan, Melainkan Hanya Perbedaan