in ,

Cara Meningkatkan Minat Baca Bagi Kamu yang Jarang Membaca

kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari membaca, loh!

meningkatkan minat baca
foto: pixabay

Ngobrolin.id Meningkatkan minat baca sepertinya masih menjadi pekerjaan rumah bangsa Indonesia. Hal ini lantaran banyaknya perselisihan atau kejadian nyeleneh yang terjadi diakibatkan rendahnya minat membaca. Misalnya, banyak orang yang terjebak dengan headline berita yang sensasional, padahal belum membaca isi berita tersebut.

Setiap orang memiliki hobi serta ketertarikan yang berbeda-beda. Namun, bagaimana pun, membaca adalah kebiasaan yang harus ditumbuhkan. Untuk meningkatkan minat baca, kamu bisa melakukannya secara perlahan.

Menyadari keuntungan dari membaca

Pepatah mengatakan, buku adalah jendela dunia, dan memang benar adanya. Saat membaca, kamu diberikan banyak informasi mengenai hal yang belum kamu tahu sebelumnya. Selain informasi, kamu dibawa untuk melihat jalan cerita dari sudut pandang penulis. Hal tersebut akan membuat kamu terlatih melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Dengan membaca, kamu juga bisa meningkatkan kosa kata bahasa Indonesia. Tanpa kamu sadari, membaca akan menambah wawasan. Wawasan serta banyaknya kosa kata yang kamu pahami bisa digunakan saat melakukan hubungan interaksi sosial. Dengan wawasan, kamu bisa berbincang dengan lancar. Namun, jangan sombong merasa paling jago, ya. Seperti kata pepatah, masih ada langit di atas langit, dan padi semakin berisi akan semakin merunduk.

Mencari cara yang nyaman untuk membaca

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk merasa nyaman, apalagi saat membaca. Ada yang nyaman memegang buku fisik karena terasa lebih afdol membaca ketika memegang kertas buku dengan aromanya yang khas. Namun, ada juga yang lebih senang membaca lewat gawainya karena lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Apa pun itu caranya, sesuaikan dengan kenyamanan diri kamu.

Mulai dari buku yang ringan terlebih dahulu

Ada beberapa orang yang sulit mencerna gaya penulisan yang cukup baku atau terlalu sering menggunakan kata-kata yang asing untuk orang awam. Kalau kamu baru mulai membaca, sebaiknya baca buku yang lebih ringan terlebih dahulu untuk menumbuhkan minat baca.

Minta rekomendasi

Salah satu kendala bagi kamu yang baru mulai membaca adalah pilihan buku yang akan dibaca. Sebaiknya, kamu meminta rekomendasi buku dari teman-teman agar mudah menemukan buku yang bagus. Jangan terlalu kelamaan memikirkan buku apa yang bagus untuk dibaca, sedangkan kamu sama sekali tidak memiliki ide sama sekali.

Targetkan

Sebenarnya, kamu tidak perlu memaksa diri untuk selalu membaca. Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan lain. Jadikan membaca sebagai kegiatan rutin untuk mengisi waktu kosong. Agar ada motivasi, targetkan untuk membaca beberapa buku dalam tenggang waktu tertentu, misalnya 3 buku untuk 6 bulan.

menggunakan inhaler

Cara Menggunakan Inhaler yang Aman

mencari ide kreatif

Cara Mencari Ide Kreatif ala Content Creator Muslim Milenial