in ,

Cara Meningkatkan Semangat Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

jangan kasih kendor, terus semangat berpuasa, ya!

semangat berpuasa
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Puasa kali ini agaknya akan berbeda dengan puasa tahun-tahun sebelumnya. Umat muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa di tengah wabah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi hampir di seluruh belahan dunia. Banyak aktivitas yang dibatasi untuk mencegah penularan, bahkan hingga ditiadakannya sholat tarawih berjamaah di masjid. Di tengah kondisi seperti ini, kamu harus tetap semangat berpuasa.

Membayangkan semua kondisi yang nantinya akan dihadapi, memang terasa berat. Saat sebelum puasa saja rasanya cukup berat menjalani hari-hari dan seluruh aktivitas dari rumah, dan saat ini harus menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19.

Eits, jangan sedih, justru hal ini bisa menjadi ajang bagi kita untuk melakukan ibadah puasa lebih maksimal. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan semangat berpuasa meski di tengah kondisi seperti ini.

Jadikan seakan-akan Ramadan ini adalah Ramadan terakhir kamu

Siapa yang tahu waktu hidup kita akan berlangsung berapa lama dan siapa yang akan tahu kamu masih bisa bertemu Ramadan tahun depan. Tidak ada yang pernah tahu karena semua itu sudah menjadi rahasia Allah SWT. Jika kamu menyia-nyiakan Ramadan saat ini, itu artinya kamu akan kehilangan peluang mengumpulkan bekal pahala yang sangat besar. Allah SWT mengistimewakan bulan ini bahkan hingga disebut sebagai bulan suci Ramadan.

Banyak manfaat yang hanya bisa ditemui saat Ramadan

Tak hanya penjual takjil yang bisa kamu jumpai saat Ramadan. Saat bulan puasa, amal ibadah seseorang yang didapatkan bisa berkali lipat dibanding bulan-bulan lainnya. Bulan puasa bisa menjadi ajang yang tepat untuk melakukan kebaikan, meskipun kebaikan harus tetap dilakukan sepanjang hayat, tidak hanya pada Ramadan.

Berpuasa baik untuk kesehatan

Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa puasa sangat baik untuk kesehatan. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Namun, dengan catatan bahwa saat berbuka dan sahur kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan dalam jumlah yang tepat, tidak berlebih dan kurang, serta tetap rajin berolahraga.

Bagaimana caranya tetap bersemangat puasa di tengah kondisi seperti ini?

Seharusnya di tengah kondisi seperti ini kita bisa lebih bersyukur. Saat aktivitas dibatasi tidak bisa buka puasa di luar rumah, itu artinya waktu yang dimiliki untuk berada di rumah lebih banyak. Kamu bisa memanfaatkan waktu sebanyak itu untuk melakukan beragam kebaikan tanpa perlu khawatir dengan waktu yang terbatas karena adanya janji dengan orang lain.

Dalam Islam ada yang disebut dengan Maqoshid Syariah (tujuan syariah) yang terdiri atas 6 perkara, yaitu menjaga jiwa/nyawa, menjaga akal, menjaga keturunan, menjaga kehormatan, menjaga harta, dan menjaga agama. Seluruh maqoshid tersebut harus dijalankan tanpa mengabaikan satu perkara.

Saat ini telah dikeluarkan aturan pembatasan sosial berskala besar hingga ditiadakannya sholat tarawih berjamaah. Hal tersebut semata-mata bertujan menjaga jiwa kamu.

Islam adalah agama yang memudahkan. Kamu masih bisa melakukan seluruh aktivitas termasuk beribadah dari rumah hingga nanti waktunya tiba saat wabah sudah berakhir. Setelah berakhir, kamu bisa melakukan silaturahmi dengan tenang.

umkm

Sekarang UMKM Bisa Buat Iklan Sendiri di YouTube

lagu jomblo bahagia

Sederet Lagu Jomblo Bahagia yang Bikin Bersemangat