in

Cara Menyimpan Buku, Pakaian, dan Uang agar Tidak Dimakan Rayap

Jangan sampai habis duluan di makan rayap

dimakan rayap
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Buku, pakaian, dan uang merupakan barang simpanan yang sangat rawan dimakan rayap. Hal yang cukup menakutkan dari serangga ini ialah serangannya yang tidak terdeteksi, tahu-tahu pas dibuka, barang yang kamu simpan sudah habis dimakan rayap. Nah, berikut ini Tim Ngobrolin punya beberapa cara untuk melindungi ketiga barang tersebut agar tidak dimakan rayap.

Pilih lemari dari kayu yang antirayap

Kunci pertama dalam penanganan serangan rayap adalah memilih lemari yang terbuat dari kayu antirayap. Salah satu bahan kayu yang sangat ampuh mencegah serangan rayap adalah kayu jati. Kayu ini kokoh dan berat, tetapi harganya sangat mahal. Namun, melihat dari fungsinya yang mampu menjaga barang simpanan dan terlihat indah dipajang, rasanya kayu jati sangat sepadan atau worth it, kok!

Atur posisi lemari

Posisi lemari juga bisa menentukan keselamatan barang kamu, lho! Meskipun pengaruhnya memang tidak begitu besar. Usahakan lemari jangan menempel pada tembok karena hewan pemakan kayu ini akan menyusuri tembok untuk mencari sumber selulosa dari kayu. Furnitur yang menempel pada tembok lebih rentan terserang rayap.

Olesi oli bekas pada bawah lemari

Lemari dengan model berkaki empat bisa kamu lindungi dengan menaruh wadah pada masing-masing kaki yang sudah diisi dengan oli bekas. Namun, sayangnya, model lemari ini sudah sangat jarang, saat ini hampir sebagian besar lemari langsung menempel pada lantai karena tidak berkaki.

Gunakan kapur

Kamu bisa menggunakan kapur barus dan kapur ajaib untuk mengusir rayap dari lemari. Kedua kapur tersebut juga bisa diberikan pada area yang sering dilalui oleh rayap seperti lantai dan tembok rumah.

Lakukan pemantauan secara rutin

Serangan rayap sangat tidak mudah ditebak. Kamu perlu melakukan pemantauan secara rutin setidaknya sebulan sekali. Jangan biarkan barang yang kamu simpan didiamkan hingga berbulan-bulan apalagi sampai bertahun-tahun. Semprot lemari dengan air kapur sirih secara berkala untuk membuat kayu awet dan terhindar dari rayap.

Simpan uang di bank

Pernah ada kasus uang Rp5,4 juta habis dimakan oleh rayap. Makanya uang lebih baik disimpan di bank saja, ya. Untungnya, Rp1 juta masih bisa ditukar ke Bank Indonesia karena tingkat kerusakannya hanya sekitar 1/3 dari kondisi duit utuh. Jika kamu benar-benar terpaksa harus menyimpan uang di rumah, pastikan duit jangan dilipat, jangan disteples, jangan diremas, jangan dibasahi, dan jangan dicoret.

Khaby lame

Sempat Terkena PHK, Kini Khaby Lame Hasilkan Ratusan Juta dari Video TikTok

doomscrollin

Hati-hati Terjebak Doomscrolling yang Bikin Stres