in , , ,

Cara Menyimpan Sayuran Beku yang Benar

cara mudah menyimpan sayuran beku

sayuran beku
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sayuran merupakan makanan yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Sayuran beku sering menjadi pilihan bagi masyarakat yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dinilai praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyiapkannya.

Namun, tahukah kamu sayuran harus disimpan dengan benar agar nutrisi di dalamnya tidak hilang sehingga kamu tetap mendapatkan nutrisi tersebut meskipun kondisi beku. Simak berikut ini cara menyimpan sayuran beku yang benar.

Jangan menyimpan sayuran terlalu lama

Sayuran beku memang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Namun, hal tersebut bukan berarti sayuran tersebut bisa disimpan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Pembekuan hanya menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang ada di sayuran. Pada suhu normal, mikroorganisme tersebut dapat beraktivitas dan memakan sayuran sehingga sayuran jadi mudah layu dan busuk.

Pada suhu dingin, pertumbuhan mikroorganisme tersebut menjadi terhambat, tetapi tidak berhenti. Jadi, lambat laun sayuran tetap bisa busuk meskipun sudah disimpan dalam keadaan membeku. Sayuran beku bisa disimpan selama 8—12 bulan pada suhu rendah sekitar -17°C. Jika sayuran disimpan lebih lama dari waktu yang disarankan, kualitas sayuran tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Gunakan wadah penyimpanan yang tepat

Wadah penyimpanan juga sangat memengaruhi kualitas sayuran. Oleh karena itu, pemilihan wadah tidak boleh dilakukan sembarangan. Pada umumnya, wadah yang ideal digunakan untuk menyimpan sayuran adalah tahan uap air, kedap udara, dan tidak mudah hancur jika diletakkan pada suhu yang rendah.

Wadah berfungsi untuk mencegah sayuran mengalami oksidasi yang dapat mengubah warna dan tekstur sayur. Saat Anda membeli sayuran beku, segera pindahkan sayuran ke wadah yang kedap udara untuk menghindari lapisan es mengerubungi permukaan sayuran.

Perhatikan jenis sayuran yang dibekukan

Tidak semua sayuran bisa dibekukan karena bisa berubah rasa, warna, serta tekstur. Sayuran yang tidak bisa dibekukan antara lain timun, selada, dan lobak. Sayuran yang tidak bisa dibekukan pada umumnya memiliki kadar kelembapan yang tinggi sehingga ketika dikeluarkan dari freezer dapat mengeluarkan tekstur dan warna yang berbeda.

 

pretty little liars

Pretty Little Liars Versi Indonesia

embun kacamata

Cara Mencegah Embun Kacamata Saat Menggunakan Masker