in

Cara Meredam Emosi dengan Mudah

jangan memutuskan sesuatu pada saat emosi ya

meredam emosi
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat seseorang sedang merasakan emosi, terkadang banyak tindakan yang tidak dipikirkan terlebih dahulu. Tentu saja hal tersebut akan berbahaya bagi dirinya dan orang lain. Sebaiknya, ambil sebuah keputusan setelah emosi meredam saat diri sudah tenang dan bisa berpikir lebih jernih. Ada banyak cara meredam emosi yang bisa kamu lakukan ketika emosi sedang meluap-luap.

Menjaga jarak dengan perasaan

Saat sedang emosi, terkadang kamu tenggelam dalam lautan emosi yang penuh dengan amarah, sedih, dan rasa negatif lainnya. Yang harus dilakukan adalah menjaga jarak dengan perasaan. Kamu tidak perlu memaksakan untuk pergi dari perasaan tersebut ataupun tenggelam dalam perasaan. Kamu hanya perlu jaga jarak dari perasaan agar bisa jauh lebih tenang.

Jaga jarak bisa dilakukan dengan mengatur pernapasan. Caranya, ambil napas secara perlahan-lahan, tahan sekitar 5—7 detik, dan embuskan. Kamu bisa sambil mendengarkan instrumen musik yang menenangkan agar diri menjadi lebih rileks. Ulangi beberapa kali hingga rasa emosi tersebut sudah meredam.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga dapat memengaruhi emosi yang sedang dirasakan. Putar lagu-lagu yang menenangkan, seperti aliran pop atau jazz. Saat kamu sudah menemukan musik yang sesuai dengan isi hati, emosional yang ada di dalam diri seakan keluar begitu saja.

Berdoa

Sumber kekuatan manusia adalah Tuhan sang pencipta. Saat emosi, tubuh manusia dipenuhi oleh perasaan negatif. Oleh karena itu, kamu membutuhkan energi positif dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Daripada keluar kata-kata kasar atau umpatan yang tidak baik, sebaiknya banyak-banyak berdoa untuk dikuatkan menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi.

Minum kopi atau makan cokelat

Ambil jeda waktu untuk tidak memikirkan apa yang sedang terjadi dengan meminum kopi, susu, teh hangat, atau memakan cokelat. Minum kopi atau teh dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Sementara itu, makanan manis seperti cokelat atau es krim yang dingin dapat membangkitkan suasana hati dan orang yang sedang tidak baik-baik saja.

Bercerita

Ceritakan apa yang sedang mengganggu kepada sahabat untuk mengurangi beban dan emosi di dalam diri. Setidaknya, sahabat bisa mengajak kamu untuk tertawa lepas atau membicarakan hal lain yang bisa membuat kamu lupa dengan emosi yang tengah dirasakan.

bahaya gula

Bahaya Gula untuk Imun Tubuh

logo baju di sebelah kiri

Sadar Tidak, Logo Baju Sering Ada di Sebelah Kiri?