in

Cara Mudah Membersihkan Barang Belanjaan

jangan lupa membersihkan barang belanjaan kamu

membersihkan barang belanjaan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Di tengah wabah pandemi Covid-19 kamu harus lebih ekstra menjaga kebersihan karena kita tidak tahu di mana virus tersebut berada dan bisa saja terdapat pada barang yang baru saja dibeli dari supermarket. Oleh karena itu, saat ini banyak anjuran membersihkan barang belanjaan yang beredar di media sosial. Tidak usah panik, anjuran tersebut memang ada benarnya. Ikuti saja dengan perasaan senang agar pikiran kamu tetap positif sehingga daya tahan tubuh bisa tetap terjaga.

Cara membersihkan barang belanjaan cukup mudah dan dilakukan untuk barang belanjaan yang berasal dari manapun, baik pasar tradisional, warung maupun minimarket dan supermarket. Kita tidak pernah tahu barang belanjaan tersebut sudah dipegang oleh siapa saja. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan barang belanjaan.

Cuci tangan terlebih dahulu

Setelah sampai di rumah, langsung segera cuci tangan dengan sabun selama 20 detik di bawah air mengalir. Sebisa mungkin terapkan cara cuci tangan yang sudah banyak dianjurkan oleh dokter agar tangan kamu benar-benar bersih.

Pisahkan barang belanjaan

Bentuk barang belanjaan pasti sangat bervariatif. Ada yang dibungkus kemasan plastik, tetapi  ada juga yang dikemas dalam kardus. Barang belanjaan yang dikemas dalam plastik bisa langsung kamu cuci dengan sabun dan keringkan sebelum akhirnya kamu simpan.

Sementara, barang belanjaan yang dikemas dengan kardus atau bahan yang tidak tahan air bisa kamu bersihkan dengan disinfektan yang aman bagi kulit manusia. Atau, kemasan tersebut bisa langsung kamu buang, kemudian cuci barang yang berada di dalam kemasan.

Cuci tas belanja

Tas belanja yang sudah kamu gunakan langsung dicuci dengan deterjen. Tujuannya, saat kamu ingin memakainya kembali sudah bersih.

Bersihkan tempat kamu membersihkan barang belanjaan

Jangan lupa untuk membersihkan tempat yang kamu gunakan untuk membersihkan barang belanjaan. Bersihkan tempat tersebut dengan sabun.

Tips saat berbelanja

Jangan lupa untuk memerhatikan pegangan troli atau keranjang belanjaan. Sebelum digunakan sebaiknya semprot disinfektan atau gunakan handsanitizer untuk membersihkannya.

Bersihkan gagang pintu kulkas dan rak makanan

Sehabis memegang gagang pintu kulkas, makanan segar, dan rak langsung gunakan handsanitizer. Bersihkan sendok makan curah terlebih dahulu dengan handsanitizer sebelum digunakan untuk menyendok makanan tersebut.

kegiatan ramadan

Tips Membuat Kegiatan Ramadan Menjadi Lebih Asyik Saat Harus di Rumah Saja

kisah teladan 25 nabi

Cara Mudah Mengenalkan Kisah Teladan 25 Nabi pada Si Kecil