in ,

Cara Mudah Menentukan Harga Jual Produk Dagangan

intip cara mudahnya untuk kamu yang kebingungan menentukan harga jual

menentukan harga jual
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Ada banyak bagian yang harus kamu kuasai saat memutuskan untuk berdagang, salah satunya menentukan harga jual produk dagangan kamu. Hal ini menjadi bagian yang paling krusial karena menentukan keberhasilan kamu dalam menjual produk dan keberhasilan mendapatkan keuntungan yang optimal.

Terkadang, menentukan harga jual produk masih menjadi permasalahan bagi pedagang pemula. Mereka bingung untuk menentukan harga yang bagus di pasaran dan mudah laku. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menentukan harga jual produk dagangan dengan mudah, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Ketahui segmentasi pasar kamu

Yang harus diingat, tidak ada harga yang mahal, hanya saja kamu salah menetapkan segmentasi pembeli. Kamu harus memikirkan akan dipasarkan ke mana produk yang sudah dibuat, misalnya kalangan menengah ke bawah, menengah ke atas, atau menengah. Hal ini sangat penting untuk menentukan harga dan produk yang kamu hasilkan.

Menggunakan harga yang sudah disarankan atau MSRP

Kalau kamu merupakan reseller, akan cukup mudah untuk menentukan harga jual. Biasanya, pabrik atau produsen memiliki MSRP atau Manufacturer Suggsested Retail Price atau harga yang direkomendasikan pabrikan untuk digunakan oleh pengecer atau reseller menjual produk tersebut.

Biasanya produsen menetapkan MSRP untuk menstandarkan harga berbagai produk di lokasi tempat pengecer berada. Namun, kekurangannya adalah kamu tidak bisa bersaing dalam harga dengan penjual lainnya.

Persentase margin

Kamu bisa menentukan terlebih dahulu harga jual yang ingin diberikan. Selanjutnya, ketahui berapa besar persentase margin yang didapatkan dari rumus di bawah ini:

Margin = (Harga Jual ‒ Harga Modal)/Harga Jual

Misalnya, kamu ingin menjual salad buah dengan modal Rp15.000 seharga Rp30.000. Masukkan semua angka ke rumus tadi.

Margin = (30.000 ‒ 15.000)/30.000 = 0,5 atau 50 persen

Biasanya, profit yang sebaiknya digunakan memang di kisaran angka 50 persen. Jika lebih dari itu, kamu bisa mengurangi harga jualnya untuk mencapai angka 50 persen.

Persentase markup

Kamu bisa menghitung terlebih dahulu berapa banyak modal yang dibutuhkan dan seberapa banyak persentase yang ingin didapatkan. Setelah itu, masukkan ke rumus di bawah ini:

Harga jual = bahan baku modal + (bahan baku modal × Markup)

Misalnya, kamu ingin menjual salad buah dengan modal Rp15.000, keuntungan yang ingin didapatkan sebesar 40 persen, maka harga jual yang bisa kamu dapatkan adalah:

Harga jual = 15.000 + (15.000 × 40 persen)

Harga jual = Rp21.000 per porsi.

 

kemarin

Film Dokumenter ‘Kemarin’ tentang Band Seventeen, Catat Tanggal Tayangnya!

moring

Kenalan dengan Moring, Camilan Khas Sunda yang Lezat nan Gurih