in ,

Cara Mudah Mengatur Pengeluaran Bulanan Biar Gak Boros Melulu

atur keuangan agar tidak boros

mengatur pengeluaran bualanan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Bagi sebagian orang mengatur pengeluaran bulanan merupakan hal yang sangat rumit sehingga di akhir bulan ia masih membutuhkan pemasukan tambahan atau dana suntikan untuk menopang kehidupannya di tanggal-tanggal kritis. Kalau sudah begitu, boro-boro nabung, bisa makan enak di akhir bulan saja sudah untung.

Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pengeluaran bulanan dengan benar agar tak hanya tidak sengsara di akhir bulan, tapi kamu juga memiliki tabungan yang sewaktu-waktu bisa digunakan. Sebenarnya mudah, kamu hanya perlu membagi pengeluaran ke dalam empat kategori. Berikut ini cara mudah mengatur pengeluaran bulanan.

Kebutuhan utama

Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang paling kamu butuhkan. Ibaratnya, jika kamu tidak ada kebutuhan ini, kamu tidak bisa bertahan. Sudah bisa menebak kira-kira kebutuhan utama bagi semua orang itu apa? Ya, benar! Kebutuhan utama adalah kebutuhan yang menopang kelangsungan hidup kamu seperti makan, bayar kosan, listrik, air, bensin, dan masih banyak lagi. Alokasikan terlebih dahulu pengeluaranmu untuk memenuhi kebutuhan utama sebijak mungkin.

Kebutuhan yang harus ditunaikan

Kebutuhan ini sifatnya harus diusahakan sebisa mungkin karena kamu sudah bersedia untuk memenuhinya. Kebutuhan ini biasanya meliputi pembayaran asuransi, cicilan kendaraan, pajak, zakat, utang, dan masih banyak lagi. Setelah mengalokasikan kebutuhan utama, kamu harus mengalokasikan ke kebutuhan yang harus ditunaikan.

Kebutuhan jangka panjang

Tentunya kamu tak ingin di hari nanti hidup susah karena tidak memiliki pegangan apa pun untuk memenuhi kehidupan sehari-hari di saat kamu sudah tidak memiliki pendapatan. Hal ini sering dilupakan oleh orang-orang karena merasa sudah memenuhi dua kebutuhan di atas. Padahal, kebutuhan jangka panjang inilah yang akan membuat kamu bisa hidup nyaman di kemudian hari.

Kebutuhan jangka panjang ini bisa kamu gunakan untuk ditabung menjadi tabungan pendidikan dan dana pensiun. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan kebutuhan jangka panjang pada investasi seperti deposito, reksadana, saham, obligasi, dan jenis investasi lainnya. Kamu juga bisa menginvestasikan uangmu untuk memulai usaha yang memiliki umur panjang.

Kebutuhan yang paling terakhir

Kadang manusia suka lupa untuk mencoba menghargai dirinya sendiri dengan cara memberikan waktu untuk sejenak bernapas dari rutinitas. Ya, kamu pasti butuh liburan dan cobalah untuk menyisakan sedikit anggaran jika masih ada untuk refreshing. Misalnya, sekadar nonton di bioskop.

Terkadang, orang-orang sering mendambakan reward untuk dirinya sendiri, tapi lupa untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, terkadang ada yang asyik memenuhi seluruh kebutuhannya dan lupa mengistirahatkan tubuhnya. Lakukan semua hal tersebut seimbang sesuai dengan kemampuan masing-masing.

curhat

Ini Alasannya Kamu Harus Curhat

takut gagal

Jangan Takut Gagal! Banyak Kegagalan yang Malah Jadi Penemuan Keren