in

Cara Mudah Mengenalkan Kisah Teladan 25 Nabi pada Si Kecil

kenali kisah 25 nabi pada anak sejak usia dini

kisah teladan 25 nabi
foto: pexels

Ngobrolin.id — Ada banyak kisah teladan 25 Nabi yang bisa diceritakan kepada si kecil untuk pengganti dongeng tidur yang fiktif. Dalam kisah-kisah tersebut terselip banyak makna yang bisa dipelajari bersama antara orangtua dan anak. Hal tersebut akan sangat berguna untuk menumbuhkan sifat-sifat baik serta keimanan dalam diri anak, lho, Bunda.

Kisah akan semakin lebih mudah diterima jika diceritakan dengan cara yang menarik dan interaktif. Mengingat si kecil masih belum mampu menerima materi terlalu berat. Jangan paksakan jika si kecil masih belum tertarik untuk menerimanya, ya, Bunda. Berikut ini kiat-kiat mengenalkan kisah teladan 25 Nabi pada anak dengan cara yang menarik.

Sounding terlebih dahulu jika ingin bercerita

Anak akan lebih mudah menerima cerita atau nasihat ketika sebelum diberikan cerita tersebut kita melakukan sounding terlebih dahulu. Si kecil jadi siap untuk menerima cerita yang akan dibacakan karena orangtua sudah mendapatkan perhatian dari dirinya. Jika kegiatan bercerita dilakukan secara tiba-tiba, kecil kemungkinan untuk mendapatkan atensi darinya.

Cari waktu yang tepat untuk bercerita

Jangan paksakan jika si kecil belum tertarik untuk mendengar cerita yang akan disampaikan karena bisa menyebabkan trauma dan ia akan semakin tidak ingin mendengarkannya. Bisa saja anak tidak ingin mendengarkannya karena waktu yang tidak tepat seperti saat ia lagi asyik bermain dan perhatiannya sedang terfokus pada hal yang ia senangi saat itu. Cari waktu yang tepat untuk bercerita agar atensi anak bisa orangtua dapatkan.

Ceritakan dengan cara yang interaktif

Libatkan anak saat mulai bercerita agar perhatiannya terus terpusat pada cerita yang sedang Bunda ceritakan. Pasalnya, anak akan lebih tertarik jika dirinya dilibatkan. Bunda juga bisa menggunakan alat peraga atau buku bergambar penuh warna untuk menarik perhatiannya.

Seperti buku Mengenal Mukjizat 25 Nabi, yang menceritakan mukjizat kisah teladan 25 Nabi yang dilengkapi dengan gambar penuh warna. Buku tersebut akan membantu orangtua untuk membuat si kecil tetap tertarik untuk menyimak kisah yang disampaikan.

Lakukan secara rutin

Terkadang pada percobaan pertama bisa gagal karena kita tidak pernah tahu kapan mood  si kecil sedang baik untuk menerima cerita. Jangan pernah lelah ya Bunda untuk terus memberikan cerita tersebut dengan cara yang menarik hingga akhinya si kecil mulai hafal dan memahami isi cerita.

membersihkan barang belanjaan

Cara Mudah Membersihkan Barang Belanjaan

tradisi bulan puasa

Tradisi Bulan Puasa yang Sering Dirindukan