in

Cara Mudah Menghemat Air Bersih

Pakai sedikit, bayar lebih hemat

menghemat air
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Beragam cara bisa kamu lakukan untuk menghemat air di rumah. Terlebih, jika rumahmu menggunakan PDAM sebagai sumber airnya. Penghematan sangat penting untuk dilakukan agar biaya PDAM bulanan bisa ditekan. Yuk, simak cara mudah menghemat air bersih.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur penggunaan air. Air digunakan untuk banyak kegiatan di rumah. Mulai dari mandi, mencuci, hingga menyiram tanaman. Gunakan air sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Hindari berlama-lama saat mandi karena hal tersebut bisa memperbanyak volume air yang kamu gunakan. Agar lebih hemat, kamu bisa menerapkan teknik mandi menggunakan gayung alih-alih dengan shower. Mandi dengan shower memungkinkan kamu menghabiskan air dalam jumlah banyak karena kamu tidak menyadarinya.

Begitu pula dengan kegiatan mencuci dan menyiram tanaman. Kecilkan volume air keran yang keluar. Jika musim hujan, kamu tidak perlu menyirami tanaman setiap hari. Biarkan air hujan menyirami tanaman secara alami.

Mengatur penggunaan air juga harus dilakukan bersamaan dengan pengecekan pipa. Pipa yang bocor dapat menyebabkan air terbuang percuma. Selalu periksa keran secara rutin untuk menghindari kebocoran yang tidak diketahui.

Jika kebocoran belum bisa diperbaiki, kamu bisa menampung air yang keluar dari dalam pipa dengan menggunakan ember.

Periksa pula meteran pengukur air dari PDAM yang terpasang di rumahmu. Pastikan jumlah tagihan bulanan sesuai dengan jumlah air yang kamu gunakan. Jika tidak sesuai, kamu bisa mempertanyakan hal tersebut ke PDAM terkait agar melakukan pengecekan terhadap pipa penyalur air.

Penggunaan air PDAM sebaiknya hanya digunakan untuk hal-hal tertentu. Saat musim penghujan, usahakan membuat tampungan air. Air ini bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, mencuci motor, ataupun mencuci mobil.

Terakhir, kamu bisa menghemat air dengan cara menerapkan reuse water. Cara ini berarti menggunakan kembali air yang sudah digunakan untuk digunakan kembali. Jangan segera buang air rendaman baju ataupun air bekas cucian lainnya. Gunakan air tersebut untuk mencuci kendaraan. Begitu pula dengan air bekas mencuci sayuran yang bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

Membersihkan kaca jendela

Bersihkan Kaca Jendela dengan Bahan-bahan Ini

Game VR

Game VR yang Siap Manjakan Matamu