in ,

Cara Refund Tiket Kereta Api yang Dibeli Dari Selain KAI Akses

cukup mudah kok caranya

refund tiket kereta api
foto: Pexels

Ngobrolin.id — Libur panjang akhir tahun 2020 mulanya menjadi salah satu momentum yang dinanti-nanti oleh masyarakat untuk pergi berlibur. Masyarakat sudah merancang liburan sejak beberapa bulan sebelum Desember. Namun, ternyata kondisi tidak mendukung, hingga menjelang akhir Desember kasus Covid-19 masih belum kunjung reda. Akibatnya, banyak orang yang lebih memilih membatalkan perjalanan dan refund tiket kereta api.

Refund tiket kereta api bisa dilakukan melalui WhatsApp KAI 121 di nomor 0811-121-11-121 atau di semua stasiun yang membuka pelayanan tiket. Jika pembatalan dilakukan melalui call center, uang tiket akan ditransfer ke nomor rekening. Sementara itu, jika pembatalan dilakukan di stasiun, uang tiket dikembalikan tunai.

Pembatalan tiket yang dilakukan langsung di stasiun penyedia pelayanan tiket bisa dilakukan kapan saja sampai 30 menit sebelum jam keberangkatan. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu datang ke pelayanan dan mengambil nomor antrian.

Untuk kamu yang berada di wilayah Jabodetabek, pembatalan bisa dilakukan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bogor, Cikampek, Rangkasbitung, Serang, dan Bekasi. Sementara itu, untuk kamu yang berada di luar Jabodetabek, pembatalan bisa dilakukan di stasiun keberangkatan KA jarak jauh.

Setelah sampai di stasiun pemberangkatan, kamu bisa langsung menuju pelayanan tiket dan mengambil nomor antrian. Setelah itu, isi formulir pembatalan tiket. Kalau ada dua tiket yang ingin dibatalkan seperti tiket pulang dan pergi, kamu perlu mengambil dua formulir. Jangan lupa bawa pulpen ya!

Kamu juga perlu menyiapkan fotokopi KTP yang akan diserahkan ke petugas loket pembatalan. Namun, pihak KAI menyediakan layanan customer service untuk penumpang yang tidak membawa fotokopi KTP.

Setelah itu, kamu hanya tinggal tunggu dipanggil, lalu petugas akan mengecek semua data-data di formulir pembatalan dan fotokopi KTP. Setelah semua data cocok, kamu akan diberikan struk sebagai bukti pembatalan. Kamu bisa memilih untuk ditransfer atau diganti tunai. Kalau kamu memilih tunai, kamu harus mengambil uang tersebut kembali ke stasiun.

 

 

 

support system

Tidak Punya Support System, Baik atau Tidak?

afterglow

Setelah Cuti Setahun, Ed Sheeran Kembali dengan Single Afterglow