in ,

Cara Sederhana Mengatasi Eczema Pada Bayi

mengatasi eczema pada bayi
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Anak-anak, terutama yang masih bayi sangat rentan terserang penyakit. Sekitar 20 persen bayi dan anak-anak berisiko terkena penyakit eczema. Penyakit ini merupakan kondisi di mana kulit bayi menjadi merah, kering, meradang, dan menimbulkan gatal. Umumnya, penyakit eczema terjadi pada usia 2 hingga 6 bulan. Berikut ini langkah tepat untuk mengatasi eczema pada bayi yang perlu Moms lakukan.

  1. Hindari bahan yang memicu iritasi

Umumnya, bayi yang menderita eczema memiliki alergi kulit dengan bahan-bahan kimia seperti parfum dan pewarna. Biasanya produk kimia tersebut ada pada sabun, deterjen, pelembut kain hingga air. Jika hal ini terjadi pada anak, ada baiknya Moms mengganti produk rumah tangga yang sekiranya memicu iritasi. Jauhi produk yang terlalu banyak pelembut dan terlalu wangi. Moms bisa menggunakan produk rumah tangga yang khusus digunakan untuk bayi.

  1. Alergi makanan

Tidak hanya produk rumah tangga, alergi juga bisa disebabkan oleh alergi makanan. Salah satu cara mudah untuk mengetahui alergi makanan adalah mencobanya terlebih dahulu. Saat si kecil mulai mengenal makanan padat, ada baiknya Moms memberikan aneka makanan termasuk yang biasa memicu alergi. Beberapa penelitian pernah mengungkapkan memberikan bayi makanan yang rentan menimbulkan alergi justru akan menghindarkan bayi dari alergi tersebut.

  1. Menggunakan krim kulit

Ada banyak krim yang memang dibuat untuk mengatasi eczema pada bayi. Krim tersebut bebas dari pewangi sehingga menjadi salah satu pengobatan terbaik untuk eczema pada bayi. Ada banyak merek yang bisa Moms dapatkan di toko obat. Gunakan krim tersebut beberapa kali sehari terutama setelah mandi.

  1. Jangan sampai bayi kepanasan

Hindari menggunakan baju bertumpuk dan berlebihan pada bayi. Kepanasan akan membuat eczema semakin memburuk. Selain itu, hindari kain yang berat dan menimbulkan gatal seperti bahan kain wol. Tetap menjaga suhu kamar dan ruangan yang dingin sangat penting untuk si Kecil.

  1. Hindari anak menggaruk

Menggaruk adalah reaksi yang normal dilakukan bayi dengan rasa gatalnya. Cobalah untuk menggunting kukunya agar tetap bersih dan menghindarkan infeksi dengan menggaruk. Memberinya sarung tangan akan mengurangi risiko infeksi lebih lanjut. Melakukan perawatan kebersihan tangan juga dapat mengatasi eczema pada bayi.

kegiatan wisata keluarga di bulan Ramadan

Kegiatan Wisata Keluarga yang Cocok di Bulan Ramadan

alat musik tradisional

Kenali Lagi Yuk Alat Musik Tradisional