in

Cara Self Healing untuk Menyembuhkan Hati yang Terluka

self healing dengan cara mudah

self healing
foto: pixabay

Ngobrolin.idSelf healing merupakan proses penyembuhan diri sendiri dari luka batin yang tengah dirasakan. Cara ini dilakukan oleh seseorang yang memiliki luka batin yang sangat mengganggu hingga memengaruhi kehidupannya sehari-hari. Luka tersebut menyebabkan seseorang mengalami kelelahan emosi sehingga energinya menjadi negatif.

Setiap orang pasti memiliki luka yang ia sembunyikan dari orang-orang, baik luka karena masalah keluarga, masa depan, kegagalan, maupun peristiwa yang tidak diinginkan dan hal lainnya.

Kalau sudah merasakan hal tersebut, kamu harus mulai menyadari bahwa dirimu butuh untuk disembuhkan oleh kamu sendiri atau self healing. Untuk melakukannya cukup mudah dan bisa dilakukan dari rumah. Berikut ini cara self healing yang bisa dilakukan.

Menerima keadaan dengan ikhlas

Peristiwa buruk yang membekas memang sulit untuk dilupakan, terkadang sulit untuk dimaafkan. Kamu berhak marah terhadap hal tersebut. Namun, jika terus menyalahkan keadaan yang sudah lalu, apakah akan membuat batin terasa lebih tenang? Justru yang ada rasa marah berkepanjangan akan membuat kamu selalu ingat masalah tersebut.

Cara terbaik untuk keluar dari peristiwa buruk tersebut adalah ikhlas menerima peristiwa tersebut. Ikhlas akan membuat kamu lebih mudah berdamai dan melangkah maju. Jadikan pengalaman buruk sebagai pelajaran yang akan membuat diri menjadi lebih baik.

Berbicara dengan diri sendiri

Jujur dengan diri sendiri sambil mengajak diri sendiri berdialog merupakan cara lain untuk self healing. Pahami diri sendiri agar mudah untuk menerima dan bersyukur atas apa yang sudah didapatkan hingga saat ini.

Lakukan apa yang kamu senangi

Melakukan kegiatan yang kamu senangi seperti hobi, merapikan barang di kamar, atau apa pun itu yang bisa membuat diri kamu menjadi sibuk sangat berguna untuk mencegah kamu memikirkan permasalahan. Sangat penting untuk membuat tubuh menjadi bahagia dengan melakukan apa yang disenangi.

Melampiaskannya dengan menulis

Terkadang banyak orang yang sulit mengutarakan perasaan yang sudah dipendam sejak lama. Menulis bisa menjadi media untuk kamu mengutarakan segala perasaan. Tidak perlu memerhatian tanda baca, ejaan, dan sebagainya, lakukan dengan senyaman mungkin. Dengan menulis, kamu bisa melihat masalah yang sudah tertulis dari sudut pandang lain di saat diri sudah jauh lebih stabil tidak terpengaruh emosi.

Mindfulness

Mindfulness merupakan berpikir dengan kondisi sadar seutuhnya. Hal ini berguna untuk mengendalikan pikiran, rasa, dan lingkungan. Memaknai setiap peristiwa dan kejadian yang sudah dialami dengan lebih sehat dan positif. Kamu bisa melakukan mindfulness di tempat yang tenang seperti di balkon rumah, taman, dan lain-lain dan mulai merenungkan gejolak emosi yang ada di dalam diri.

film no time to die

Catat, Ini Tanggal Rilis Film James Bond: No Time To Die

penipuan lowongan kerja

Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja