in

Cara Seru Mengenalkan Islam pada Anak

ada banyak cara seru untuk mengenalkan islam pada anak

mengenalkan islam pada anak
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Nilai-nilai agama memang sudah harus ditanamkan pada anak sejak usia dini, lho, Bunda. Harapannya agar kelak setelah dewasa nanti ia bisa menjalani hidup sesuai dengan tuntunan agama. Namun, realitasnya kita sering menghadapi kesulitan saat mengenalkan Islam pada anak, hal tersebut memang wajar. Bunda hanya perlu bersabar dan terus mencoba. Jangan paksakan jika anak masih belum bisa dan berkenan, ya, Bunda.

Salah satu tips jitu agar anak bisa menerima dengan baik apa yang Bunda beri padanya adalah mengenalkan Islam dengan cara yang seru dan menyenangkan. Anak akan jadi tertarik dengan apa yang Bunda berikan. Berikut ini beberapa cara seru mengenalkan Islam pada anak yang bisa Bunda lakukan.

Membangun hubungan kedekatan dengan anak

Anak akan lebih nyaman jika orangtua bisa seperti seseorang yang selalu dibutuhkan olehnya. Salah satu kunci berhasilnya komunikasi adalah hubungan yang baik. Dengan hubungan yang baik, anak akan percaya dengan apa yang dibicarakan oleh Bunda dan nasihat-nasihat yang diberikan akan lebih mudah diterima.

Menjadi contoh figur yang baik

Selama masa pertumbuhan, anak akan mencontoh orang-orang yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, sebelum memberikan pelajaran tentang Islam, sebaiknya Bunda membangun lingkungan dengan agama yang baik. Hal tersebut akan berpengaruh selama proses pembelajaran. Sebab, selain materi, anak bisa mencontoh langsung dari orangtua.

Sesuaikan cara pembelajaran dengan umur anak

Kenalkan Islam kepada anak sesuai dengan perkembangan umurnya. Misalnya, sedari dalam kandungan Bunda sudah bisa mengenalkannya dengan cara memperdengarkan zikir dan lantunan Alquran. Setelah anak berumur dua tahun ke atas, sudah bisa diajarkan dengan cara memperkenalkan makhluk ciptaan-Nya yang berada di sekitar anak. Dengan memperkenalkannya secara bertahap, anak bisa memahami dengan baik setiap pelajaran yang diberikan.

Gunakan buku panduan yang memadai dan menarik

Buku panduan bisa menjadi sumber bahan ajar yang sangat membantu Bunda untuk mengenakan Islam pada anak. Gunakan buku yang memberikan penjelasan, apalagi jika dilengkapi dengan dalil dalam Alquran. Pasalnya, Alquran merupakan pedoman hidup umat Islam. Seluruh aspek kehidupan sudah tercantum di dalamnya dan akan sangat baik jika pelajaran yang diberikan pada anak langsung bersumber dari Alquran.

Seperti buku Islam Mengajarkan Aku untuk Berhijrah Menuju Kebaikan. Buku tersebut merupakan komik islami yang mengandung pesan-pesan kuat tentang Islam, dilengkapi dalil Alquran pada setiap pembahasannya. Buku tersebut cocok untuk diberikan pada anak yang sudah berumur 6 tahun dan insya Allah bisa menjadi booster semangat bagi anak untuk terus meningkatkan keimanannya dengan cara yang seru melalui komik.

Langsung saja pelajari Islam dengan cara yang menarik dalam buku komik islami tersebut yang bisa Bunda dapatkan dengan mudah melalui Bukularis.

ngabuburit selama social distancing

Kegiatan Ngabuburit yang Bisa Dilakukan Selama Social Distancing

belajar tajwid

Tips Jitu Belajar Tajwid dengan Cara yang Mudah