in

Cara Tepat Menggunakan Disinfektan di Rumah

jangan sampai salah dalam menggunakannya karena bisa berbahaya bagi kulit kamu

menggunakan disinfektan
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Penggunaan disinfektan menjadi salah satu langkah untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas. Sejak diumumkannya berbagai macam produk rumah tangga yang bisa dijadikan disinfektan, masyarakat berbondong-bondong membuat larutan disinfektan sendiri untuk membersihkan rumahnya. Sebenarnya, hal tersebut tidak apa-apa asalkan cara menggunakan disinfektan di rumah sudah tepat.

Sayangnya, masih ada yang salah saat menggunakan disinfektan di rumah, seperti menyemprotkannya ke tubuh salah satu anggota keluarga. Padahal, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), disinfektan tidak aman jika langsung disemprotkan ke badan atau kulit.

Dalam disinfektan tersebut terdapat bahan kimia yang berbahaya seperti alkohol atau klorin. Bahan tersebut sangat berbahaya jika langsung mengenai mata dan mulut.

Fungsi disinfektan ini hanya untuk membasmi virus yang menempel pada permukaan benda mati seperti baju, tas, meja, gagang pintu, dan lain-lain. Meskipun sudah disemprot disinfektan, jika kamu tetap berinteraksi dengan seseorang yang terinfeksi tanpa ada jarak, kamu tetap bisa tertular. Oleh karena itu, cara jitu untuk mencegah penularan adalah menerapkan social dan physical distancing, jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, serta terapkan etika yang benar saat bersin dan batuk.

Produk rumah tangga yang sering dijadikan disinfektan adalah produk pemutih pakaian yang mengandung klorofom. Banyak yang menyebutkan jika kandungan pada pemutih lebih ampuh membasmi virus tersebut. Namun, jangan sekali-kali menggabungkan antara pemutih dan bahan lain yang mengandung alkohol.

Campuran tersebut akan mengeluarkan asap beracun dan bersifat korosif. Jika asap tersebut tidak sengaja terhisap oleh seseorang, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Larutan yang terkena kulit pun dapat menyebabkan iritasi serta menimbulkan rasa mual.

Saat menyemprotkan disinfektan, sebaiknya jauhkan dari sumber api, terutama disinfektan yang berbahan alkohol. Bahan tersebut sangat mudah terbakar jika dekat dengan sumber api. Sebelum menyemprotkannya ke seisi rumah, pastikan sumber api aman.

Jika kamu menggunakan disinfektan berbahan alkohol, sebaiknya jangan digunakan untuk membersihkan furnitur seperti gagang pintu karena bisa merusak lapisan finishing pada furnitur.

Cara yang aman saat menggunakan disinfektan di rumah dilakukan dengan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker. Selanjutnya, bersihkan permukaan barang dengan air dan sabun. Jika kamu menggunakan kain lap, rendam kain tersebut ke dalam disinfektan dan lap pada permukaan yang paling sering disentuh. Diamkan selama 10 menit, lalu seka dengan lap kering dan bersih.

Jika menggunakan botol sprayer, semprotkan cairan dan lap secara zig zag atau memutar. Setelah selesai, bersihkan alat pelindung diri yang kamu gunakan.

zoom bocor

Ribuan Rekaman Video Konferensi di Zoom Dikabarkan Bocor

berat badan

Cara Menjaga Berat Badan Selama Social Distancing