in

Cara Tuntaskan Jerawat dengan Bantuan Kompres Daun Sirih

kompres daun sirih.
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Jerawat yang membandel pasti bikin kamu keki. Padahal, segala jenis obat, salep, hingga skin care antijerawat sudah dicoba. Tetapi jerawat baru dan beruntusan terus bermunculan. Kalau begitu sudah saatnya kamu mencoba kompres daun sirih.

kompres daun sirih.
Foto: Pixabay

Tahukah kamu, herbal berkhasiat ini dipercaya sebagai bahan ramuan antijerawat terampuh selama puluhan tahun, baik di India maupun di Indonesia. Melansir StyleCraze, daun sirih hijau, kuning, ataupun merah sama-sama memiliki sifat antiseptik yang baik. Kaya akan polifenol, terutama chavicol yang mampu melindungi kulit dari serangan bakteri penyebab jerawat dan beruntusan.

Daun sirih juga memiliki sifat antijamur yang tidak hanya ampuh untuk mengatasi gatal, tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Sementara, minyak esensial alami yang dikandungnya akan mengeringkan jerawat meradang. Untuk mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, kamu bisa memanfaatkan air rebusan sirih untuk membilas bagian kulit yang berjerawat.

Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air sirih, lalu gunakan untuk mengusap wajah. Jika menginginkan cara yang lebih simpel, gunakan air sirih yang masih hangat tadi untuk mencuci muka. Daunnya yang sudah layu karena air panas juga bisa digunakan untuk mengompres jerawat.

Sebelumnya, pastikan wajah sudah benar-benar bersih dari makeup. Lakukan perawatan ini minimal sehari dua kali, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. Jerawat dan beruntusan akan segera hilang dalam hitungan minggu.

video games

Benarkah Video Games Bisa Bantu Kita Menemukan Bakat?

peralatan rumah ajaib

5 Peralatan Rumah Ajaib yang Selalu Bikin Hunian Rapi