in

Cari Tahu Kegiatan Apa Saja yang Boleh Dilakukan dan Dilarang di Masa PSBB

jangan dilanggar ya, yuk kita sama-sama mencegah penularan

PSBB
foto: pexels

Ngobrolin.id PSBB merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Kota pertama yang melakukan kebijakan ini adalah DKI Jakarta yang sudah mulai berlaku sejak 10 April 2020 dan akan berlangsung selama 14 hari kedepan. Kebijakan ini merupakan langkah lanjutan untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Menyusul Jakarta, kota-kota penyangga ibu kota lainnya juga sudah mendapat persetujuan Menteri Kesehatan untuk menerapkan PSBB, seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang. PSBB masuk ke dalam UU No. 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

Dalam UU tersebut menjelaskan bahwa karantina kesehatan adalah upaya mencegah dan menangkal keluar atau masuknya penyakit dan faktor risiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.

Pembatasan sosial sebenarnya sudah dilakukan sejak mewabahnya corona di Indonesia. Namun, saat itu masih dalam bentuk anjuran atau imbauan berupa social distancing dan physical distancing. Sayangnya, banyak masyarakat yang masih belum menaatinya karena dirasa aman saja, tak akan ada yang menghukum jika melanggar. Kini, setelah kebijakan PSBB diterapkan, siap-siap ya bagi kamu yang melanggar sudah bisa dihukum.

Sebenarnya, kegiatan apa saja sih yang masih tetap boleh dilakukan dan yang dilarang selama masa PSBB?

Hal yang tetap beroperasional adalah bidang industri yang penting, seperti sektor kesehatan, pangan, komunikasi, keuangan dan perbankan termasuk dengan pasar modal, sumber energi (listrik, air, gas, bensin, dan lain-lain), logistik distribusi barang, industri strategis, warung kebutuhan pokok, dan layanan ekspedisi barang.

Sementara, hal yang tidak boleh kamu lakukan adalah berkumpul lebih dari 5 orang,  kegiatan belajar-mengajar di sekolah ataupun perguruan tinggi, kegiatan peribadatan di rumah ibadah, pengurangan jumlah kapasitas di kendaraan umum, kegiatan di seluruh fasilitas umum ditutup (pusat perbelanjaan, taman, dan lain-lain), makan di rumah makan, melaksanakan resepsi pernikahan, dan kegiatan budaya lainnya.

Yuk, kita bantu semua pihak untuk mencegah penularan dengan menjaga kesehatan diri sendiri serta orang terdekat. Jangan lupa rajin cuci tangan, olahraga, konsumsi sayur dan buah, serta patuhi imbauan yang ada.

berobat online

Aplikasi Berobat Online, Pilihan Alternatif untuk Berobat dari Rumah

layanan kesehatan mental online

Platform Layanan Kesehatan Mental Online yang Mudah Kamu Gunakan