in ,

Catnip, Tanaman Favorit Kucing yang Bisa Bikin Rileks

coba tanam, deh!

tanaman catnip
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Merebaknya tren tanaman hias membuat banyak orang berbondong-bondong membeli berbagai macam tanaman untuk dipajang di rumah. Eits, ternyata bukan hanya manusia yang menyukai tanaman, kucing juga bisa menyukai tanaman, lho! Tanaman yang paling disukai oleh kucing adalah tanaman catnip atau Nepeta cataria.

Tanaman ini memiliki kandungan senyawa nepetalactone atau terpene. Kandungan senyawa kimia tersebut mampu membuat tubuhnya menjadi lebih rileks dan berenergi. Kucing akan mengendus tanaman ini, terkadang juga menjilat, mengunyah, dan bahkan berperilaku hiperaktif atau sangat bersemangat.

Meskipun terlihat agak mengkhawatirkan karena kucing terlihat menjadi susah diam setelah mengendus tanaman, jangan khawatir, efek tersebut tersebut hanya berlangsung selama 5—10 menit. Yang terpenting si kucing tidak menghirup aroma atau mengonsumsi tanaman ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan muntah dan diare. Jadi, kamu perlu mengawasi kucing kesayangan ketika sedang bermain dengan catnip.

Kamu bisa membuat si kucing yang pemalas dan lebih senang tidur untuk aktif bergerak dengan tanaman ini. Namun, tidak semua kucing langsung akrab dengan tanaman catnip. Kamu perlu memperkenalkannya perlahan-lahan.

Tanaman catnip juga mampu melindungi kucing kamu dari serangan serangga seperti nyamuk dan parasit. Biasanya, daun tanaman tidak sengaja menempel di bulu kucing. Nah, jika sudah terjadi, kucing kamu akan aman dari serangan nyamuk. Hal tersebut juga disebabkan oleh senyawa nepetalactol.

Nepetalactol merupakan senyawa bioaktif untuk enzim iridoid exidase yang menghasilkan asam7-deoxyloganetic.

Catnip juga bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk diolah menjadi minuman teh. Ramuan teh catnip berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan, insomnia, serta menghilangkan rasa gugup dan cemas.

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya memerlukan 2 sendok teh daun atau bunga catnip yang sudah kering, lalu seduh dengan 1 cangkir air mendidih. Tambahkan lemon atau madu agar rasanya lebih nikmat. Agar lebih maksimal, daun atau bunga catnip diseduh selama 10—15 menit terlebih dahulu sebelum akhirnya diminum. Jangan minum teh catnip terlalu sering, ya! Sebab, bisa membuat kamu buang air kecil terus dan mengantuk.

 

 

makan perlahan

Makan Perlahan Bisa Bikin Berat Badan Turun, Lho!

virus nipah

Virus Nipah Asal Malaysia Dikhawatirkan Bisa Menjadi Pandemi Baru