in

Cegah Demensia dengan Hal Sederhana

Lakukan selagi masih muda

mencegah demensia
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu pernah mendengar penyakit demensia? Demensia adalah penurunan kemampuan otak yang diderita oleh orang lanjut usia. Selagi masih muda, kita sebenarnya bisa melakukan langkah-langkah untuk mencegah demensia dengan sederhana.

Permainan mengasah otak

mencegah demensia
Foto: freepik

Beberapa permainan memiliki manfaat mengasah otak. Salah satu efek positif yang didapatkan adalah mencegah demensia sedari dini. Beberapa jenis permainan itu antara lain puzzle, board game, dan teka-teki silang. Sederhana, bukan? Permainan tersebut bahkan bisa kamu lakukan secara gratis sambil mengisi waktu luang.

Jalan-jalan, coy!

mencegah demensia
Foto: freepik

Bosan dengan permainan yang membuat pening kepala? Kamu bisa jalan-jalan ke luar rumah, lho. Terpapar matahari pada jam-jam tertentu bisa meningkatkan kadar vitamin D bagi tubuh. Jika tubuh tercukupi vitamin D, hal ini dapat membantu mengurangi risiko demensia. Tak perlu lama, kamu cukup melakukannya selama 15 menit setiap pagi.

Bersosialisasi

mencegah demensia
Foto: freepik

Selain bermain dan jalan-jalan, kita juga bisa mencegah demensia melalui bersosialisasi. Secara psikologis, sosisalisasi sangat baik untuk mencegah seseorang terkena demensia di masa tua. Selain itu, bercengkerama bersama orang lain juga bisa menyebabkan tekanan darah normal. Orang yang merasa tertekan dan jarang bersosialisasi akan meningkatkan tekanan darah, penyakit jantung koroner, dan strok.

Makan cokelat

mencegah demensia
Foto: freepik

Eits, bukan cokelat sembarang cokelat. Konsumsi dark chocolate ternyata membantu menurunkan gejala demensia di usia senja, lho. Hal ini karena dalam cokelat tersebut terkandung flavonol yang baik bagi sel otak. Zat ini bisa mencegah kerusakan otak. Dark chocolate pun bisa kamu konsumsi dengan berbagai cara, mulai dari cokelat batang hingga minuman hangat.

Tidur

mencegah demensia
Foto: freepik

Tidur cukup dan berkualitas ternyata memiliki dampak kesehatan yang luar biasa. Hal ini bisa kamu lihat di Journal of the American Geriatics Society yang dirilis pada 2018, orang yang mengalami insomnia lebih berisiko terkena demensia di waktu tua. Jika kamu mengalami insomnia, sedari dini segera atasi dengan cara-cara ini.

Jamur for life

mencegah demensia
Foto: freepik

Kalau kamu suka makan jamur, selamat! Kamu sedang menghindarkan diri dari risiko demensia dengan cara mengonsumsi jamur. Hal ini dilansir oleh Journal of Alzheimer’s Disease yang menuliskan bahwa konsumsi dua porsi jamur setiap minggu dapat menurunkan risiko terjangkit alzheimer sebanyak 50 persen.

Penyebab gigi sensitif

Ini Dia Berbagai Penyebab Gigi Sensitif

resep lauk tahu

Resep Lauk Tahu untuk Temani Makan Siangmu