in ,

Cegah Rambut Rusak Karena Polusi dengan 5 Cara Ini

Agar rambut tidak lepek dan kusam~

cara mencegah kerusakan rambut
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat pencemaran polusi tertinggi di dunia, terutama Kota Jakarta. Dampak polusi tak hanya berbahaya bagi kesehatan, lho. Bagi penampilan, polusi juga bisa memberikan efek buruk. Yuk, pelajari cara mencegah kerusakan rambut akibat polusi dengan cara-cara ini.

Gunakan penutup kepala

Penutup kepala sangat diperlukan bila kamu bepergian. Terlebih, jika kamu menggunakan transportasi motor atau berjalan kaki. Kamu bisa menggunakan helm, topi, syal, atau kain kerudung.

Dengan menggunakan penutup kepala, rambut pun akan terhalangi dari polusi secara langsung. Namun, pastikan juga kamu menggunakan tutup kepala yang masih bersih, ya. Jangan gunakan penutup kepala yang sudah kotor karena bisa merusak rambut.

Gunakan sampo sesuai jenis kulit

Jenis kulit kepala manusia berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit kepala kering, yakni kurang mengeluarkan minyak. Jenis kulit kepala ini biasanya memiliki karakteristik rambut yang rapuh dan mudah rontok. Sebaiknya, gunakan sampo yang melembapkan dan memperkuat folikel rambut. Misalnya, sampo berbahan dasar gingseng.

Ada pula jenis kulit kepala berminyak. Kulit kepala ini cenderung mengeluarkan terlalu banyak minyak berlebih. Sebaiknya, gunakan sampo dengan kadar minyak yang rendah.

Perhatikan cara keramas

Cara keramas yang kurang baik juga bisa memperparah kerusakan rambut akibat polusi. Cara keramas yang dianjurkan adalah dengan menghindari menggosok rambut terlalu kencang. Lebih baik, mengeringkan rambut dilakukan dengan cara menepuk dan memerasnya dengan handuk.

Perhatikan waktu keramas

Alih-alih membuat rambut sehat, mencuci rambut terlalu sering justru bisa merusak rambut. Rambut yang terpapar polusi akan cenderung kering dan mudah patah. Jadi, mencuci secara rutin setiap mandi atau setiap hari akan berdampak buruk.

Sebaiknya, cucilah rambutmu selama dua kali sehari atau jika rambut dan kulit kepala sudah kotor. Ciri kulit kepala yang kotor adalah adanya ketombe ataupun kotoran lain yang melekat pada rambut.

Gunakan kondisioner

Penggunaan kondisioner juga bisa dilakukan bila diperlukan. Fungsi dari pengaplikasian kondisioner pada rambut setelah keramas adalah untuk memperkuat rambut. Selain itu, rambut juga menjadi lebih sehat dan tidak mudah rontok.

atribut kemerdekaan

Atribut yang Selalu Ada di Rumah Menjelang HUT RI

cara menggunakan lip liner

Aplikasikan Lip Liner dengan Benar, Begini Caranya