in

‘Cepu’ Mulai Viral Kembali, Ternyata dari Sini Asal-Usul Kata Cepu

kata cepu
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sebetulnya, ‘cepu’ bukan kata asing yang baru muncul, kata tersebut sudah sangat akrab di kalangan anak-anak di era ‘90-an, bahkan pernah populer pada 2014-an. Namun, belakangan kata cepu mulai kembali viral karena suatu kasus, bahkan kata tersebut sempat jadi trending di Twitter selama satu hari. Ini tandanya banyak pengguna Twitter yang menggunakan kata tersebut dalam unggahannya.

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cepu memiliki dua arti. Pertama, cepu diartikan sebagai cembul yang dibuat dari kayu (perak dan sebagainya). Arti kedua adalah informan polisi. Cepu juga sebenarnya meruapakan nama dari Kecamatan yang ada di Kabupaten Blora, lho!

Dalam bahasa pergaulan sehari-hari, cepu sendiri diartikan sebagai pengadu. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang menyebarkan informasi yang dianggap rahasia kepada orang lain untuk kepentingan pribadinya. Dengan kata lain, sebetulnya cepu mirip dengan pengkhianat. Kedua hal tersebut sama-sama dilakukan untuk kepentingan pribadi dengan cara menusuk seseorang dari belakang.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti asal-usul kata yang sering digunakan dalam pergaulan tersebut kian melekat di kalangan anak remaja. Salah satu pengguna Quora mengatakan kata ini semakin populer ketika digunakan dalam lagu Dhyo Haw yang dirilis pada 20 Maret 2013 dengan genre reggae.

Kurang lebih lagu tersebut memang menggambarkan seorang teman yang selama ini dianggap baik, polos, dan sebagainya ternyata menjadi seseorang yang menusuk dari belakang.

Pada intinya, cepu merupakan predikat negatif yang dapat merugikan seseorang. Tindakan khianat tersebut dapat membuat seseorang dirundung, dihujat, dan lain-lain.

Ada banyak faktor kenapa seseorang bisa menjadi cepu. Bisa saja karena faktor iri, ingin mendapatkan keuntungan pribadi, dan lain-lainnya. Pada intinya seseorang bisa membocorkan rahasia kamu ketika dia tidak senang dengan kamu. Dan, faktanya, kamu sulit untuk mendeteksi karena beberapa orang pandai menyembunyikan perasaan ketidaksukaannya.

Oleh karena itu, cara terjitu untuk menghindari diri kita dari teman cepu atau menghindari rahasia kita bocor ke orang lain adalah mengontrol diri sendiri untuk tidak menceritakan hal-hal pribadi kepada orang lain. Lagian, nanggung rahasia orang itu berat tahu dan manusia itu bisa khilaf. Bisa jadi dia sudah berusaha tidak membocorkannya tetapi secara tidak sengaja rahasia tersebut malah bocor.

maskot PON XX

Kenal Lebih Dekat dengan Maskot PON XX

lomba 17 agustus online

Ide Lomba 17 Agustus Online Biar Meriah Meski Virtual