in ,

Channel YouTube yang Mengangkat Isu Mental Health

mari kenali lebih jauh lagi tentang mental health

mental health
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini sudah mulai banyak masyarakat yang mulai sadar terhadap isu mental health atau kesehatan mental. Kesadaran ini muncul karena tak jarang manusia tidak bisa menilai secara langsung kalau ada yang salah dengan dirinya. Kini beberapa platform media sosial sudah mulai banyak yang mengangkatnya, salah satunya YouTube.

Menurut survei yang telah dilakukan oleh World Health Organisation (WHO) bunuh diri merupakan sillent killer terbesar di Indonesia. Bunuh diri disebabkan oleh buruknya kondisi mental seseorang.

Hari kesehatan jiwa sendiri diperingati setiap 10 Oktober. Harapannya, melalui peringatan yang selalu diadakan khusus untuk memperingati kesehatan jiwa mulai banyak lapisan masyarakat yang lebih perhatian terhadap isu ini.

Begitupun beberapa orang yang telah berusaha untuk mengampanyekan isu tersebut melalui channel YouTube. Ada yang membuat video di channel YouTube pribadinya karena pengalamannya sendiri sebagai penderita mental disorder. Ada juga channel yang dibuat sebagai wadah yang sengaja dibentuk untuk menaungi para pengidap mental dissorder untuk membagikan pengalaman mereka.

Berikut ini beberapa channel YouTube yang membahas kesehatan jiwa.

Menjadi Manusia

Menjadi Manusia merupakan sebuah channel yang dibentuk untuk memberikan banyak pesan kepada manusia tentang hidup. Banyak narasumber yang didatangkan oleh Menjadi Manusia untuk menceritakan kejadian yang dialami.

Narasumber bisa berasal dari mereka yang mengidap mental dissorder, mereka yang memiliki pengalaman di-bully, mereka yang pernah menjalani hidup dengan keadaan yang sangat berbeda seperti mantan transgender, ataupun mereka para tokoh yang peduli terhadap isu-isu sosial yang beredar di masyarakat.

Kini subscriber atau pengikut akun Menjadi Manusia sudah mencapai 311.000 akun. Video pada konten ini pun sangat bagus dan menarik dari segi editing, cerita, kualitas gambar, dan suara. Melalui Menjadi Manusia, banyak orang di luar sana yang memiliki kondisi yang sama menjadi merasa tidak sendiri dan mulai termotivasi untuk bangkit.

Diari Panxie

Diari Panxie merupakan channel YouTube pribadi dari seseorang yang bernama Pandu. Pandu sendiri telah difonis mengidap mental dissorder. Ia membagikan banyak cerita dan pengalamannya sebagai mental dissorder. Pandu selalu memberikan pesan-pesan yang positif kepada para penontonnya agar tetap berpikiran positif  dan sehat.

pamunqkas

Pamunqkas dengan Lagu yang Sukses Menyihir Hati

fitur like

Instagram Uji Coba Hapus Fitur Like, Tepat atau Tidak?