in

Cincin Saturnus yang Unik dan Rupawan

Planet yang satu ini memang berbeda dari yang lain

Cincin Saturnus
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Dari kesembilan planet di tata surya, masing-masing pasti punya keunikan. Tak terkecuali dengan Saturunus. Planet indah ini dikenal dengan keberadaan cincin yang mengelilinginya. Cincin Saturnus ini ternyata menyimpan banyak misteri, lho.

Berdasarkan ukurannya, Planet Saturnus berada pada urutan kedua sebagai planet terbesar di tata surya. Posisi pertama ada pada Jupiter dengan diameter 139.820 kilometer. Sementara, Saturnus memiliki panjang diameter 116.460 kilometer.

Soal ukuran, Saturnus boleh kalah. Namun soal keindahan, Saturnus menjadi daya tarik tersendiri. Planet ini memiliki tujuh satelit, jauh lebih banyak daripada bumi yang hanya memiliki satu bulan. Mereka adalah Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Titan, dan Iapetus. Selain satelit, Saturnus juga populer karena cincin yang melingkarinya.

Cincin pada Saturnus ini ternyata bukanlah cincin seperti yang orang-orang kenakan. Alih-alih terbuat dari logam, cincin Saturnus ternyata terbuat dari kumpulan partikel-partikel. Ada debu, es, dan juga batu. Ukurannya pun sangat beragam.

Partikel penyusun cincin Saturnus tidaklah diam. Mereka bergerak mengelilingi planet yang terletak antara Jupiter dan Uranus ini. Terbentuknya cincin ini bermula dari komet, asteroid, atau benda angkasa lainnya yang tertarik oleh gaya gravitasi Saturnus.

Pesawat Voyager yang pernah memotret cincin Saturnus juga memaparkan fakta unik. Tidak hanya berputar, jari-jari cincin Saturnus juga berubah-ubah. Pada selang waktu tertentu, cincin ini bisa hilang dan muncul kembali tergantung sinar matahari yang menyinari cincin tersebut.

Terbuat dari partikel yang sangat banyak, cincin Saturnus ternyata tidak hanya terdiri atas satu lapisan, lho. Ada beberapa lapisan yang menyusun cincin ini. Bentuk yang unik ini sendiri awalnya diperkiran bukan cincin, melainkan berbentuk telinga atau panci.

Seiring dengan kecanggihan teknologi, penemuan cincin yang berlapis ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi Saturnus. Cincin-cincin ini pun diberi nama untuk memudahkan identifikasi. Hingga kini, sudah ditemukan 7 lapis cincin yang melingkari Saturnus. Seluruhnya diberi nama berdasarkan urutan abjad. Penamaan ini bukan berdasarkan jarak, melainkan dari waktu penemuannya.

Sayangnya, cincin yang indah dan rupawan ini dikabarkan tidak akan berumur panjang. Salah satu penyusun partikel cincin adalah es. Lama-kelamaan, es ini akan mencair dan menjadi hujan di planet tersebut. Menurut predisksi para ilmuwan, cincin Saturnus akan berumur kurang lebih 290 tahun lagi.

negara terpadat di dunia

6 Negara Terpadat, Apakah Ada Indonesia?

orang ketiga dalam rumah tangga

Hentikan Hubungan Terlarangmu, Apalagi dengan Pasangan Orang Lain