in

Coachroach sampai Hectocorn, Di Mana Tingkatan Startup Unicorn?

tingkatan startup
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Tahun ini, 2019, merupakan babak baru bagi perkembangan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia. Di penghujung 2018, empat startup asal Indonesia berhasil membekukan valuasinya di tingkat unicorn. Sebenarnya, apa saja sih tingkatan startup itu?

Coachroach

Tahapan ini dikenal juga sebagai tahap rintisan dari suatu startup. Perusahaan ‘kecoa’ ini sangat giat melakukan promosi produknya untuk mendapatkan investor yang akan tertarik memberikan suntikan dana.

Sebagai bentuk investasi yang ditawarkan perusahaan coachroach biasanya adalah saham kepemilikan jika perusahaan berhasil berkembang lebih jauh.

Ponies

Startup baru terlihat apabila sudah mencapai tahap ponies. Tahap ini, perusahaan sudah memiliki valuasi sebesar US$10 juta atau sekitar Rp141 miliar.

Tantangan terbesar perusahaan ponies adalah mempertahankan nilainya agar terus menanjak ke tingkat berikutnya. Hal ini tidak mudah karena persaingan antar-startup di bidang yang sama sangat ketat. Apalagi, jika memiliki produk dan target penjualan yang sama.

Centaurs

Makhluk setengah manusia setengah kuda ini menjadi perlambang level startup yang lebih tinggi dari ponies. Syarat startup mencapai level centaurs adalah memiliki nilai valuasi US$100 juta.

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan dengan tingkat ini dan siap naik ke tingkat selanjutnya. Beberapa di antaranya ruangguru, tiket.com, ovo, dan banyak lagi.

Unicorn

Harus punya nilai valuasi minimal 1 miliar dolar adalah syarat sebuah startup diakui sebagai level kuda bertanduk ini. Unicorn, kata ini semakin populer sejak empat startup Indonesia berhasil meraih level ini.

Keempat startup tersebut adalah Tokopedia dengan valuasi US$7 miliar, Go-Jek dengan valuasi US$5 miliar, Traveloka dengan US$2 miliar, dan BukaLapak dengan US$1 miliar.

Kira-kira, siapa, ya, unicorn Indonesia selanjutnya?

Decacorn

Level selanjutnya adalah decacorn, dengan nilai valuasi mencapai US$10 miliar. Ada 15 startup yang mencapai level ini di seluruh dunia. Di Asia Tenggara, Grab merupakan startup pertama yang mampu mencapai level ini.

Perusahaan lainnya adalah Airbnb (US$29,3 miliar), SpaceX (US$21,5 miliar), Stripe (US$20 miliar), JUUL Labs (US$15 miliar), Epic Games (US$15 miliar), dan Pinterest (US$12,3 miliar).

Kira-kira, perusahaan Indonesia apa ya, yang pertama kali akan mencapai level decacorn?

Hectocorn

Level tertinggi startup saat ini adalah hectocorn, dengan syarat harus memiliki nilai valuasi mencapai US$100 miliar. Sejauh ini, baru tiga perusahaan yang mampu sampai ke tahap ini. Mereka adalah Apple, Google, dan Microsoft.

salad buah dan sayur

Ngemil Sehat dan Nikmat dengan Salad Buah dan Sayur

gunung di jawa barat

Rekomendasi Gunung di Jawa Barat untuk Hiking