in

Coba Cek, Jangan-jangan Kamu Kecanduan Gawai!

Kenali gejala ini untuk antisipasi kecanduan gawai

kecanduan gawai
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Hari gini nggak bawa gawai ke mana-mana? Bisa dibilang, gawai adalah benda wajib yang harus ada di dalam tas atau kantong saat bepergian. Gawai juga dapat digunakan dalam segala kondisi, mulai dari pertemuan penting hingga sekadar menghabiskan jam makan siang. Tapi, pernah merasa nggak kalau jangan-jangan kita sudah kecanduan gawai?

Ada beberapa ciri utama yang menunjukkan bahwa orang tersebut sudah berada di tahap kecanduan gawai. Ciri yang paling terlihat tentunya ketika kamu benar-benar tidak bisa melakukan apa pun tanpa ponsel. Bagimu, smartphone adalah duniamu.

Kapan pun dan di mana pun, orang yang sudah kecanduan gawai akan lebih sering mengecek ponselnya. Alih-alih karena ada kepentingan, tindakan ini dilakukan atas dasar refleks. Padahal kamu tahu nggak ada kabar terbaru, tapi bawaannya pengen lihat HP melulu. Duh!

Kondisi orang yang kecanduan gawai akan lebih terlihat jelas ketika sedang tidak bersama gawainya. Pernah ketinggalan ponsel dan merasa harimu menjadi buruk, padahal kamu hanya berpisah selama beberapa jam. Namun, efeknya bisa membuat mood menjadi turun dan bawaannya bete.

Kamu juga akan merasa resah tentang kabar terbaru yang biasanya dengan mudah diakses dengan gawai. Padahal, momen tanpa ponsel harusnya menjadi kesempatan untukmu berkenalan lebih jauh dengan lingkungan baru.

Hal tersebut jelas tidak akan kamu dapatkan ketika sedang bersama gawai kesayanganmu. Saat sudah melewati fase ‘membutuhkan gawai’ menjadi ‘kecanduan gawai’, kamu akan lebih mudah mengabaikan lingkungan sekitar. Bagi orang tersebut, selama gawai dalam genggaman, nggak papa deh dikucilkan dari lingkungan.

Akibatnya, orang tersebut akan mengabaikan tugas-tugas yang menjadi kewajiban. Mulai dari tugas kuliah, pekerjaan, hingga hubungan sosial. Membuka beragam aplikasi, mengakses berita terbaru, atau sekadar berseluncur di dunia maya menjadi aktivitas yang tak bisa dilewatkan. Hei, sadar! Kamu juga punya kehidupan.

Coba ingat kembali pekerjaanmu yang mulai tak kamu lirik. Ingat pula tugas menumpuk yang semakin lama dibiarkan akan semakin beranak pinak. Kontrol diri dan mulai lakukan sesuatu tanpa bantuan ponsel pintar dalam genggamanmu.

jenuh dengan rutinitas kerja

Bosen Ngantor? Coba Lakukan Hal-hal Ini

kecanduan gawai

Dampak Buruk Kecanduan Gawai, Nggak Cuma Fisik