in ,

Cobain White Tea, Teh Istimewa yang Harganya Selangit

White tea
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Buat kamu pecinta teh pasti udah nggak asing sama nama white tea? Ya, teh yang harganya bikin kantong jebol ini memang dipercaya mengandung khasiat yang luar biasa. Selain itu, proses pembuatannya pun istimewa. Kira-kira, apa istimewanya, ya?

Sebenarnya, white tea dan teh jenis lain dapat diproduksi dari satu jenis pohon yang sama. Yang membedakan adalah proses pembuatannya.

Umumnya, teh dibuat dengan cara dipetik tiga sampai lima daun teratas dari pohon teh. Daun tersebut kemudian dilayukan sampai mencapai tingkat kelayuan tertentu. Setelah itu, teh digiling dan dipisahkan berdasarkan ukurannya.

Teh yang sudah digiling akan mengalami oksidasi enzimatis alias fermentasi yang membuat warnanya berubah dari hijau menjadi kecokelatan. Setelah disimpan selama waktu tertentu, teh siap untuk dikeringkan.

Cara mengeringkan teh biasa adalah dengan memanggangnya hingga berubah warna dan tercium aroma teh. Teh yang sudah kering kemudian dikemas dan siap untuk dipasarkan. Teh jenis ini, bernama black tea.

Harga black tea di pasar internasional pada Februari 2019 berkisar pada harga US$0,0238 per kilogram. Sementara, harga white tea asal Kenya dapat mencapai US$19,25 per 100 gram. Perbedaan harga yang fantastis inilah yang membuat white tea semakin istimewa karena hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang.

White tea pertama kali ditemukan di Cina pada masa pemerintahan Dinasti Tang (518—907 Masehi). Di Indonesia, teh yang dijuluki silver needle karena bentuknya yang menyerupai jarum perak ini hadir pada 1878 dan dikembangkan di Gemboeng, Jawa Barat.

White tea dibuat hanya dari pucuk teratas daun teh, serta tanpa melalui tahapan penggilingan dan oksidasi enzimatis. Hal ini mengakibatkan kandungan anti-oksidan pada white tea jauh lebih tinggi daripada black tea yang dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat kesehatan inilah yang menjadi daya jual utama dari white tea. Kandungan anti-oksidannya dapat mencapai 11,2—25,6 persen lebih tinggi dibanding teh biasa. Bahkan, segelas white tea memiliki kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi daripada 10 gelas jus apel.

Tertarik menjajal teh ‘premium’ yang satu ini? Pastikan kantongmu tidak langsung jebol, ya.

aplikasi booking tiket

Aplikasi Booking Tiket Buat Kamu yang Hobi Traveling

udon, ramen, dan soba

Sama-Sama dari Jepang ini Beda Udon, Ramen, dan Soba