in

BMKG Sebut Cuaca Ekstrem akan Terjadi Dua Hari Ini

Cuaca ekstrim
Foto: pixabay

Ngobrolin.idCuaca ekstrem dikabarkan akan melanda Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG menyebutkan cuaca ekstrem tersebut akan terjadi pada hari ini (8/4) hingga besok (9/4).

Cuaca ekstrem ini terjadi karena siklon tropis Wallace di Samudera Hindia, sisi selatan dari daerah Nusa Tenggara Barat. Kecepatan angin maksimum 50 knots. Arah gerak barat berdampak pada pembentukan daerah konvergensi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Laut Banda, dan Perairan Barat Aceh.

Wilayah belokan angin terjadi di Riau, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat. Sementara itu, siklonik ini terpantau di daerah utara Papua (level 925/700), Selat Karimata (level 925/700), dan perairan utara Australia (level 925/700).

Senin (8/4) terdapat beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat. Daerah tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sementara itu, beberapa wilayah lain berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat, dan petir adalah Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, dan Papua Barat.

Besok tepatnya pada Selasa (9/4), beberapa daerah diperkirakan berpotensi mengalami hujan lebat antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Beberapa wilayah juga berpotensi hujan lebat pada (9/4). Hujan tersebut disertai angin kencang, kilat, dan petir. Daerah tersebebut meliputi Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Papua Barat.

Data potensi tersebut diluncurkan BMKG pada Minggu (7/4) melalui situs resmi mereka di web.meteo.bmkg.go.id. Oleh karena itu, jika masyarakat ingin beraktivitas disarankan untuk memerhatikan imbauan tersebut. Selalu waspada dan tetap berhati-hati.

soun bihun dan misoa

Kembar Tapi Beda: Bihun, Soun, dan Misoa

Destinasi Wisata Korea

5 Destinasi Wisata Korea Selatan yang Epic Selain Seoul