in

Curhat Nggak Berujung Solusi? Mungkin Kamu Butuh ke Psikiater

Mungkin kamu hanya butuh tempat mendengarkan yang tepat

ciri kamu harus mendatangi psikiater
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Ngomongin mental health emang nggak akan ada habisnya. Mendiagnosis diri sendiri alias self claiming nggak akan membantumu. Namun, jika kamu merasa benar-benar ingin tahu, kamu bisa datang psikiater terdekat untuk meminta bantuan memahami kesehatan mentalmu. Berikut ini ciri-ciri kamu harus mendatangi psikiater segera untuk menolong mentalmu.

Seringkali kita merasa tiba-tiba bahagia. Begitu juga dengan emosi lainnya seperti marah, sedih, kecewa, dan sebagainya. Perasaan itu kita rasakan jika ada pemicunya. Terkadang, saat pemicu tersebut sudah tidak ada, kita akan kembali ke kondisi normal.

Namun, bila kamu sedang mengalami mood swing yang parah tanpa sebab, kamu perlu mencurigai hal tersebut. Perasaan marah dan sedih yang kamu rasakan sering kali tidak bisa lagi kamu kendalikan. Emosi-emosi negatif dan mood swing yang kamu alami dapat menjadi pertanda untuk segera datang ke psikiater jika tidak bisa dipulihkan dalam jangka waktu berulang kali.

Kamu juga harus segera menemui psikiater jika emosi-emosi tersebut mengganggu hidupmu. Orang-orang yang berhubungan langsung denganmu tentu bingung dengan apa yang terjadi, bukan? Jika tidak segera diatasi, hubunganmu justru bisa merenggang.

Selain hubungan dengan orang lain, mood swing yang kamu alami juga bisa berdampak pada pola hidupmu. Mulai dari nafsu makan yang tidak terkendali (baik terlalu ingin makan maupun menolak makan), hingga pola tidur yang berubah dapat membahayakan kesehatanmu.

Kadang, kesehatan mental yang dalam kondisi kurang baik juga dapat memengaruhi kesehatan fisikmu. Beberapa orang biasa meredakan rasa sakitnya dengan ‘mengalihkannya’ dari pikiran menuju fisik.

Jika kamu sudah melakukan tindakan-tindakan menyakiti diri sendiri seperti membenturkan kepala ke tembok, menyayat lengan tangan, dan sebagainya, sudah pasti kamu harus segera menghubungi psikiater terdekat.

Jangan tunda hal ini jika sudah sampai di tahap menyakiti diri sendiri. Alih-alih menyelesaikan masalah, yang kamu lakukan justru akan memperkeruh suasana batinmu. Hindarkan diri dari benda-benda tajam saat ‘masalah’ itu datang.

Guys, mendatangi psikiater bukan berarti kamu gila, kok. Kamu nggak perlu malu. Justru, hal ini akan membantu memahami kesehatan mentalmu. Bukankah kamu juga ingin bahagia dan tidak terjebak dengan perasaan aneh yang sulit didefinisikan ini? Yuk, mulai cintai diri sendiri dengan sederhana.

 

mencoba bisnis

Gabut Tingkat Akhir? Coba Bisnis Yuk

tips bikin steak

Tips Memasak Steak Rumahan yang Sempurna