in , , ,

Daftar Baju Adat yang Ada di Dalam Uang Rp75 Ribu

9 baju adat yang ada di duit baru

uang Rp75 ribu
foto: https://pintar.bi.go.id/

Ngobrolin.id —Uang edisi kemerdekaan yang diterbitkan setiap 25 tahun sekali ini masih menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh masyarakat. Ada banyak hal unik yang terdapat dalam selembaran uang pecahan nominal Rp75 ribu tersebut, salah satunya adalah foto anak-anak yang mengenakan baju adat di bagian muka belakang uang. Berikut ini beberapa daftar baju adat yang bisa kamu jumpai di uang pecahan nominal Rp75 ribu.

Ulee Balang asal Aceh

Kita mulai dari pakaian adat bernama Ulee Balang asal Aceh untuk perempuan. Sementara, yang dipakai laki-laki bernama Linto Baro. Presiden Joko Widodo pernah mengenakan pakaian adat Linto Baro pada upacara Kemerdekaan RI ke-73.

Baju adat yang didominasi oleh warna hitam dengan penutup kepala berwarna merah merupakan baju adat kerajaan dan saat ini sering dijadikan busana adat pernikahan Aceh.

Kebaya Labuh asal Riau

Selanjutnya, ada baju adat Riau yang dikenakan oleh wanita dan dikenal sebagai Kebaya Labuh. Kebaya Labuh terdiri atas baju kurung jangkar dan kain songket. Di bagian kepala ditutupi dengan kerudung yang dililitkan ke leher untuk menutupi rambut dan leher.

Blangkon dan batik jawa asal Jawa Tengah

Baju adat Jawa Tengah yang dikenakan oleh anak laki-laki di uang pecahan nominal Rp75 ribu bernama Jawi Jangkep. Baju adat tersebut menggunakan beskap dan kain jarik batik.  Beskap tersebut dilengkapi dengan bros, jam rantai, selop, keris, dan roncean melati. Sementara, penutup kepala yang dikenakan bernama blankon.

King bibinge asal Suku Dayak di Kalimantan Barat

Baju adat selanjutnya yang dikenakan anak perempuan adalah King Bibinge, baju adat Suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat. Sementara, untuk baju adat yang dikenakan oleh laki-laki disebut King Baba. Baju adat ini terdiri atas rompi tanpa lengan, stagen, kain bawahan, dan manik-manik. Di bagian kepala mengenakan ikat kepala berbentuk segitiga yang terbuat dari bulu burung enggang.

Baju adat dari Tidung, Kalimantan Utara

Baju adat ini sempat viral karena diduga sebagai baju adat asal Cina, padahal anak laki-laki tersebut mengenakan baju adat Tidung, Kalimantan Utara. Baju ini sering digunakan oleh pria di Suku Tidung. Suku Tidung merupakan Suku Dayak yang sudah memeluk agama Islam. Pakaian adat tersebut sudah melalui beberapa proses rekonstuksi hingga bisa jadi seperti yang kamu lihat di uang pecahan nominal Rp75 ribu.

Baju adat Suku Rote asal NTT

Anak perempuan selanjutnya mengenakan baju adat khas Suku Rote yang berada di Kabupaten Rote Ndaii, Nusa Tenggara Timur. Baju adat untuk perempuan terdiri atas bula molik atau bulan sabit yang dikenakan di kepala, selempang, sarung, pendi untuk ikat pinggang yang terbuat dari perak atau emas, dan habas yang dikalungkan di leher.

Baju adat asal Gorontalo

Baju adat Gorontalo untuk pria terdiri atas tudung makuta atau lapia bantali sibi yang dikenakan sebagai penutup kepala. Penutup kepala tersebut terkulai ke belakang dan menjulang tinggi. Penutup kepala tersebut menjadi lambang filosofi untuk suami yang merupakan pemimpin keluarga dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi, berwibawa, dan tegas tetapi lembut.

Cele asal Maluku

Baju Cele merupakan baju adat asal Maluku yang bermotif garis-garis geometris atau kotak-kotak kecil. Baju Cele biasanya dikombinasikan dengan kain sarung berwarna senada dengan bajunya. Baju Cele digunakan untuk upacara adat, pelantikan raja, dan beberapa acara adat lainnya. Pakaian ini dipakai tanpa mengenakan alas kaki. Bagian khas yang mudah dikenali adalah konde bulan yang diperkuat dengan tusukan konde bernama gaspel.

Koteka asal Papua

Baju adat terakhir yang ada di dalam uang edisi khusus ini adalah Koteka asal Papua. Koteka dikenal sebagai pakaian holim yang diikat di pinggang dengan menggunakan tali. Koteka digunakan untuk menutupi kemaluan pria dan biasanya juga dilengkapi dengan rok rumbai. Baju adat ini juga dilengkapi dengan topi rumbai-rumbai berbentuk seperti mahkota dan terbuat dari bulu burung kasuari.

 

 

uang Rp75 ribu

Fakta Unik Uang Rp75 Ribu, Uang Edisi Khusus HUT RI Tiap 25 Tahun Sekali

jembatan youtefa

Sosok Jembatan Youtefa yang Ada di Uang Rp75 Ribu