in

Daftar Buku Raditya Dika, Sudah Baca yang Mana?

Penulis buku komedi yang satu ini punya segudang karya untuk kamu kagumi.

buku Raditya Dika
Foto: instagram Raditya Dika

Ngobrolin.id — Mengawali kariernya sebagai penulis, buku Raditya Dika sudah jelas banyak dicari. Terlebih, penulis bergenre komedi ini punya gaya bercerita tersendiri. Buku karyanya pun laris manis karena bisa membuat pembacanya tertawa sekaligus merasa iba dengan berbagai konfliknya.

Kambing Jantan

Raditya Dika pertama kali menerbitkan buku ini pada 2005. Judul buku ini adalah Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh. Sama seperti judulnya, buku ini benar-benar menceritakan tentang keseharian Raditya Dika semasa kuliah di Adelaide, Australia.

Buku yang menceritakan kehidupan sehari-hari saat itu belum begitu populer. Kehadiran Kambing Jantan membuat banyak penulis lain juga mengeluarkan buku dengan konsep serupa. Menuai banyak keuntungan, buku ini kemudian diadaptasi menjadi film yang diperankan sendiri oleh Radit. Selain itu, kamu juga bisa membaca versi komiknya.

Cinta Brontosaurus

Setahun kemudian, Radit kembali menerbitkan buku yang masih bergenre komedi. Bedanya, di buku ini, kakak dari empat adik ini lebih fokus membahas seputar hubungan percintaannya. Sama seperti Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus juga difilmkan.

Radikus Makankakus

Dalam jangka waktu satu tahun, Raditya Dika kembali menerbitkan buku. Judul asli novel ini sendiri adalah Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa yang mengupas kehidupannya saat mengajar bimbel hingga kutukan yang ia terima.

Babi Ngesot

Hampir seluruh karya Radit memiliki judul yang mengambil nama binatang, begitu pula dengan buku yang satu ini. Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang merupakan buku yang dirilis 2008.

Marmut Merah Jambu

Hewan yang diusung Radit menjadi judul buku kali ini adalah marmut. Meski demikian, isi buku ini tak ada hubungannya dengan marmut mana pun. Marmut Merah Jambu yang diterbitkan pada akhir 2009 ini berkisah mengenai beberapa kekasihnya, termasuk penyanyi populer Sherina Munaf.

Manusia Setengah Salmon

Pose yang nyeleneh seperti ikan akan menarik perhatianmu ketika melihat sampul buku ini. Dirilis 2011, buku setebal 264 halaman ini masih berisi tentang kehidupan sehari-hari pria multitalenta itu. Dikemas dengan komedi yang ringkas, Manusia Setengah Salmon bisa bikin pembacanya terpingkal.

Koala Kumal

Disibukkan dengan berbagai kegiatan lain, Raditya Dika baru menerbitkan buku selanjutnya pada 2015. Buku ini sendiri banyak mengisahkan kehidupan anak sulung ini bersama keluarganya.

Ubur-Ubur Lembur

Buku teranyar yang ditulis Raditya Dika ini diterbitkan pada 2018. Seperti biasa, buku yang ditulis oleh ayah satu anak ini menceritakan tentang kehidupan pribadinya yang dikemas dengan unsur komedi. Ia juga menceritakan pandangan orang tentang dirinya dalam buku bersampul hitam ini.

diet ala militer

Pola Makan yang Dilakukan untuk Diet ala Militer

beauty vlogger

8 Beauty Vlogger Ternama, Siapa Favoritmu?