in

Dari CJR hingga Minke, Ini Sosok Iqbaal Diafakhri Ramadhan

Iqbaal Diafakhri Ramadhan
Foto: intagram

Ngobrolin.id — Siapa yang tidak kenal dengan sosok remaja yang satu ini? Iqbaal Diafakhri Ramadhan atau yang kerap disapa Iqbaal Ramadhan kembali melejit sejak kemunculannya menjadi pemeran Dilan dalam film berjudul sama tersebut. Sebelumnya, Iqbaal sudah lebih dulu tenar bersama teman-temannya yang tergabung dalam CJR.

Perjalanan karier cowok berusia 19 tahun ini bermula ketika ia memerankan Trapani dalam film Laskar Pelangi. Di sanalah ia bertemu dengan produser yang merekrutnya ke dalam sebuah grup musik.

Iqbaal, Aldy, Kiki, dan Bastian tergabung dalam satu grup vokal Coboy Junior. Grup besutan Patrick Efendy tersebut meledak di pasaran dengan beberapa single seperti Kamu, Terhebat, Kenapa Mengapa, dan banyak lagi,

Setelah hengkangnya Bastian, mereka kemudian berganti nama menjadi CJR. Pada masa karier bersama Coboy Junior dan CJR inilah, para anggota grup termasuk Iqbaal mulai sering mendapat tawaran sinetron sampai film layar lebar.

Selepas pendidikannya di SMA, ia meneruskannya ke Armand Hammer United World College of the American West yang berlokasi di New Mexico, Amerika Serikat, selama tiga tahun.

Kembalinya ia ke Indonesia, Iqbaal mendapat kesempatan untuk menjadi tokoh utama dalam film yang diadaptasi dari sebuah novel. Tidak tanggung-tanggung, novel tersebut adalah karya Pidi Baiq yang sedang naik daun di kalangan remaja.

Menjadi Dilan dan memerankannya dengan sangat gemilang membuat aktor kelahiran Surabaya ini semakin memantapkan karier di bidang peran. Bersama Vanessa Prescilla alias Sasa, mereka kembali memerankan tokoh yang sama dalam sekuel film Dilan yang rilis 28 Februari 2019.

Berbagai penghargaan telah Iqbaal kantongi. Ia tercatat memiliki 7 medali emas dan 1 medali perunggu dari kejuaraan taekwondo yang diikuti. Ia juga meraih penghargaan sebagai Variety Asian Star: Up Next dalam International Film Festival and Awards Macau (IFFAM) 2018. Ada banyak lagi sederet prestasi yang ia dapatkan.

Setelah meledak lewat aktingnya di film Dilan, kini Iqbaal juga didaulat memerankan sosok Minke. Minke adalah tokoh sentral dalam Tetralogi Buru karya sastrawan ternama Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

Dalam film tersebut, ia beradu akting dengan Mawae Eva de Jongh yang memerankan tokoh Annelies. Film yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini sedang dalam tahap penggarapan oleh salah satu sutradara ternama Indonesia, Hanung Bramantyo.

kecap asin dan kecap manis

Beda Pembuatan Kecap Asin dan Kecap Manis

perbedaan MRT, LRT dan KRL

Ternyata Ini Perbedaan MRT, LRT dan KRL