in

Dark Mode: Fitur Terbaru Instagram Diluncurkan

Sudah coba fitur terbaru ini?

Instagram dark mode
Foto: freepik

Ngobrolin.id Instagram dark mode atau mode gelap Instagram dikabarkan sudah resmi diluncurkan. Selama ini, pengguna Instagram hanya bisa mengakses aplikasi dalam satu fitur saja. Pengguna Android dan iOS tentu perlu berbahagia dengan adanya kabar ini.

Kabar menggembirakan ini didapatkan dari Adam Mosseri selaku Head of Instagram pada Rabu (9/10). Ia mengabarkan melalui Twitter, bahwa mulai hari ini (9/10), mode gelap Instagram sudah dapat dinikmati oleh pengguna iOS 13 atau Android 10.

Penggunaan dark mode ini tak hanya di aplikasi Instagram semata. Sebelumnya, banyak aplikasi yang telah terlebih dahulu memilik fitur ini. Twitter dan YouTube misalnya, telah terlebih dahulu bisa diakses dalam dark mode ketimbang Instagram.

Ada keunggulan yang disukai oleh pengguna ketika suatu aplikasi atau situs dapat diakses dalam dark mode. Pertama, penggunaan mode gelap akan lebih menyamankan mata. Ini karena pantulan cahaya lampu pada layar akan lebih gelap. Tentu saja hal ini lebih menyehatkan mata ketimbang latar putih yang mencolok.

Keunggulan lainnya dari pengaktifan mode gelap pada aplikasi adalah mode ini lebih hemat baterai ketimbang mode terangnya. Walaupun tidak mengurangi dalam jumlah yang sangat banyak, penggunaan dark mode dapat menghemat bateraimu terutama bila kamu termasuk sering menggunakan aplikasi ini.

Google sendiri sudah mengonfirmasi bahwa penggunaan dark mode di aplikasi yang kamu gunakan dapat menghemat baterai. Penghematan baterai juga akan lebih optimal apabila kamu menggunakan smartphone dengan layar OLED.

Layar OLED adalah layar yang pixel-nya akan mati ketika menampilkan warna hitam. Dengan begitu, warna hitam yang dihasilkan akan lebih pekat dan menghemat daya baterai. Berbeda dengan ponsel kebanyakan yang walaupun masih menunjukkan warna hitam, pixel pada layar masih menyala.

Mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengaktifkannya di aplikasi Instagram milikmu. Bila kamu ingin menikmatinya, pastikan kamu sudah menggunakan sistem iOS atau Android terbaru, ya. Selamat mencoba dan rasakan sendiri menggunakan instagram dengan mode gelap!

merawat kompor gas

Tutorial Merawat Kompor Gas

pemeran Joker

Di Balik Senyum Legendarisnya, Ini Deretan Aktor Pemeran Joker