in ,

Dekat dengan si Kecil Bukan Halangan Buat Working Mom

Yuk, sempatkan waktu untuk membangun bonding dengan si kecil

kedekatan ibu dan anak
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah Moms seorang working mother? Setiap hari meninggalkan si buah hati untuk menjemput rezeki tentu mengurangi intensitas bertegur sapa. Begitu pula dengan berkegiatan bersama anak yang sedikit terhambat oleh jam kerja. Tapi, siapa bilang kedekatan ibu dan anak tidak bisa terjalin bila ibu bekerja? Berikut tipsnya.

Setidaknya, ada waktu-waktu ‘emas’ yang bisa Moms manfaatkan untuk semakin dekat dengan buah hati. Di pagi hari, Moms dapat membuat makanan terbaik bagi si kecil. Jangan pergi ketika anak masih tertidur.

Ucapkan selamat pagi dan lakukan santap pagi bersama. Berikan semangat bila ia hendak berangkat sekolah. Jika memungkinkan, Moms bisa mengantar langsung buah hati hingga tiba di sekolah. Pagi hari akan jadi waktu yang efektif untuk melakukan pendekatan sambil tetap produktif melakukan kegiatan.

Waktu kedua yang tak kalah penting adalah sore dan malam hari. Agar lebih maksimal, sebaiknya Moms hindari mengambil waktu lembur dan fokus pada keluarga, ya. Di sore hari, anak pulang dari sekolah. Tanyakan singkat apa saja yang ia pelajari atau hal menarik apa yang terjadi sepanjang hari tersebut.

Selain itu, gunakan waktu di malam hari untuk membangun ikatan keluarga. Lakukan kegiatan bersama dengan anak dan ayah walaupun hanya sebentar. Bantu anak mengerjakan tugas sekolah jika ia merasa kesulitan.

Anak menyukai cerita pengantar tidur. Moms bisa melakukannya, baik secara bergantian maupun bersamaan dengan Ayah. Bacakan cerita pengantar tidur di malam hari, misalnya dengan membaca buku Cerita Rakyat Nusantara yang diterbitkan oleh Cif. Selain membangun ikatan yang erat, membacakan cerita rakyat juga meningkatkan pengetahuan si kecil.

Pagi hari sebelum bekerja dan malam hari sepulang bekerja merupakan waktu yang efektif dimanfaatkan sehari-hari. Di akhir pekan, jangan lupa untuk mengajak si kecil berkegiatan. Libatkan anak dalam agenda membersihkan rumah secara menyenangkan.

Tak ada salahnya pula untuk berjalan-jalan bersama keluarga di akhir pekan. Moms sekeluarga dapat berwisata di kebun binatang, mengunjungi museum, ataupun sekadar makan siang bersama. Kebersamaan kecil yang dilakukan terus-menerus akan membentuk ikatan yang kuat, lho.

Terakhir, jangan lupakan hari-hari istimewa si kecil. Anak biasanya akan mengingat tanggal dan kejadian khusus seperti hari pertama masuk sekolah atau hari ulang tahun. Beri kejutan dan bingkisan kecil agar anak terkesan dan merasa diperhatikan oleh Moms.

 

 

menghilangkan kerak kompor

Tutorial Mengilangkan Kerak Kompor, Mudah dan Simpel

Hobi kulineran

Hobi Kulineran? Yuk, Jadiin Duit