in

Deretan Jenis Pisang yang Disukai Masyarakat Indonesia

pisang yang bisa kamu jumpai di Indonesoa

jenis pisang
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pisang merupakan salah satu buah yang sering disajikan di meja makan karena mudah dikonsumsi. Buah pisang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Soal rasa, buah ini tidak usah diragukan lagi. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat Indonesia yang gemar memakan berbagai jenis pisang hingga olahan makanan dari pisang.

Ada banyak jenis pisang yang bisa kamu jumpai di pasaran. Semua jenis pisang tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang enak untuk langsung disantap, tetapi ada pula yang lezat jika diolah terlebih dahulu. Nah, bagi kamu yang masih bingung tentang jenis pisang yang beredar di pasaran, berikut ini Tim Ngobrolin merangkum beberapa jenis pisang yang disukai orang Indonesia.

Pisang cavendish

Pisang cavendish paling mudah dijumpai karena banyak dijual di minimarket dan swalayan. Pisang ini memiliki kulit bersih dan mulus. Banyak orang mengira pisang ini adalah pisang impor, padahal pisang cantik ini merupakan produk asli Indonesia. Tekstur daging buah pisang cavendish sangat lembut dan cocok dikonsumsi langsung.

Pisang susu

Pisang susu berukuran lebih mini dari pisang cavendish, teksturnya juga lebih creamy seperti susu. Untuk rasa, pisang ini lebih manis dari cavendish sehingga sering dijadikan menu makan untuk balita dan anak-anak. Bentuk pisang susu melengkung tanpa siku. Pisang ini cocok dikonsumsi langsung atau dijadikan isian roti isi.

Pisang raja

Pisang raja berbentuk sangat ramping dengan warna kulitnya yang kuning pucat atau kusam dengan sedikit corak kehitaman. Pisang raja sangat mudah dijumpai di pasaran. Daging buahnya tebal dan padat, bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi nagasari atau es pisang ijo.

Pisang ambon

Pisang ambon juga sangat mudah dijumpai di pasaran, kulitnya halus berwarna kuning atau hijau, serta daging buahnya manis dan tidak berbiji. Pisang ambon bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi banana bread.

Pisang kepok

Pisang kepok lebih nikmat direbus atau diolah menjadi keripik pisang yang renyah, rasanya akan sangat manis. Daging pisang kapok bertekstur tebal dan berwarna krem.

Pisang tanduk

Pisang tanduk berukuran cukup panjang, dengan diameter 6—7 cm. Jenis pisang ini lebih nikmat diolah terlebih dahulu karena rasanya akan lebih manis dan lezat.

Pisang awak

Pisang awak lebih sering disajikan dalam satu tandan utuh dengan ukuran buah yang kecil-kecil. Pisang ini sangat bagus dikonsumsi oleh balita karena bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan balita.

nyeri perut saat lari

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Lari, Biar Lebih Semangat Larinya!

selfie pegang ktp

Hati-hati, Jangan Berikan Foto Selfie Pegang KTP ke Sembarang Orang