in ,

Desa Mati di Majalengka yang Tengah Viral Karena Ditinggal Warganya Sejak 2013

Karena sudah lama ditinggal, desa ini jadi terlihat menyeramkan

desa mati
foto: Youtube Bucin TV

Ngobrolin.id — Tahukah kamu kalau di Indonesia ada desa mati yang sedang viral. Desa tersebut terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Warga desa sudah meninggalkan tempat tersebut sejak 2013 silam karena desa tersebut termasuk daerah rawan bencana.

Desa mati tersebut mulai viral sejak saluran YouTube Bucin TV mengunggah video penelusuran di desa tersebut pada 26 Januari 2021 lalu. Khadafi pemilik akun tersebut menjelaskan bahwa desa tersebut sangat rawan mengalami longsor dan sering terjadi pergesaran patahan.

Longsor pertama kali terjadi pada 2001 silam. Pada 2012 warga desa mulai meninggalkan rumahnya karena imbauan dari pemerintah setempat. Pemerintah pun telah menyediakan tempat baru bagi warga desa tersebut.

Saat ini ada sekitar 200 rumah warga yang terbengkalai. Beberapa rumah sudah terlihat rusak karena tidak terurus, tetapi masih ada beberapa rumah lainnya yang masih dalam keadaan bagus.

Dilansir dari kompas.com, Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalop) Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Kabupaten Majalengka, Indrayanto membenarkan informasi yang disampaikan oleh Khadafi melalui akun YouTube-nya.

Lokasi desa mati tersebut terletak di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka. Indrayanto menjelaskan bahwa hanya ada satu blok desa yang kosong, jadi bukan seluruh desa yang kosong.

Blok tersebut sengaja dikosongkan karena di daerah tersebut cukup rawan terjadi pergerakan tanah sejak 2009. Akhirnya, pada 2012 para warga direlokasi ke blok yang lebih aman. Blok tersebut adalah Blok Tarikkolot dan blok baru tempat relokasi adalah Blok Awilega. Blok Tarikkolot dinilai sudah tidak layak dijadikan tempat tinggal karena berbahaya.

Bangunan di blok desa tersebut terlihat sudah ditumbuhi oleh rumput-rumput liar. Namun, ada beberapa rumah yang masih terlihat bagus karena warga desa masih menggunakan rumah tersebut untuk menyimpan hasil pertanian. Jadi, di desa tersebut masih sering terlihat petani yang berlalu-lalang membawa hasil pertanian.

Banyaknya bangunan kososng yang tidak terawat membuat desa tersebut menjadi terkesan angker dan membuat bulu kuduk merinding. Meskipun saat ini viral, sebaiknya kamu jangan sembarangan ke desa tersebut tanpa izin terlebih dahulu. Jangan bandel, ya!

 

 

food photography

Alasan Pentingnya Food Photography untuk Kelancaran Bisnis Kuliner

mengatur gaji

Cara Mengatur Pembagian Gaji agar Tidak Cepat Menguap Begitu Saja