in

Destinasi Wisata Alam di Penajam Paser Utara

Yuk jajal wisata di calon ibu kota

wisata di Penajam Paser Utara
Foto: instagram curugmania

Ngobrolin.id — Bersama Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara dinobatkan sebagai calon ibu kota baru Indonesia. Meskipun belum memiliki nama resmi, berpindahnya ibu kota ini jelas akan membuat banyak orang berbondong-bondong menyambangi kabupaten di Kalimantan Timur ini. Berikut ini beberapa destinasi wisata di Penajam Paser Utara yang menarik untuk didatangi.

Pantai Nipah Nipah

wisata di Penajam Paser Utara
Foto: instagram paronamaku81

Kabupaten Penajam Paser Utara dikelilingi oleh banyak pantai yang indah. Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Nipah Nipah. Biaya masuk lokasi wisata alam ini cukup murah karena kamu hanya akan diminta biaya masuk pantai.

Pantai Nipah Nipah berpasir putih dengan ombak yang tenang. Sangat cocok bila kamu ingin menikmati akhir pekan dengan bersantai sejenak. Jika cuaca sedang cerah, kamu bisa memandang langit luas berwarna biru sewarna dengan air laut.

Air Terjun Tembinus

wisata di Penajam Paser Utara
Foto: instagram curugmania

Jalan logging menghubungkan daerah penduduk dengan air terjun yang satu ini. Setidaknya, kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 1 jam dengan menggunakan kendaraan. Eits, perjuanganmu akan kembali diuji. Sebelum benar-benar sampai di lokasi wisata, kamu harus melewati jalan setapak sejauh 1 kilometer.

Setelah melihat langsung air terjun Tembinus, seluruh rasa lelahmu seakan terbayar. Lokasi air terjun yang berada di kawasan hutan konservasi membuat keasriannya masih terjaga dan suasananya masih sangat alami.

Taman Bunga Rozeline

wisata di Penajam Paser Utara
FotoL instagram aya29

Letak taman bunga ini tak jauh dari kantor Bupati Penajam Paser Utara. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau wilayah ini tanpa perlu menjelajah di areal hutan. Di taman bunga Rozaline, pengunjung bebas berfoto secara gratis.

Taman bunga Rozaline menyajikan banyak pohon rindang. Terdapat sebuah danau di tengah taman yang menjadikan destinasi ini semakin asri. Kamu juga bisa bersantai di gazebo yang disediakan pengelola. Akhir pekan akan terasa lebih tenang dan hikmat jika dihabiskan di sini bersama pasangan atau keluarga.

Ekowisata Mangrove

wisata di Penajam Paser Utara
Foto: john_robbin29

Di daerah ekowisata mangrove, kamu bisa mengambil banyak pose dengan kamera tanpa dipungut biaya. Seperti namanya, daerah ini merupakan daerah penghijauan dengan pohon bakau yang mengelilinginya. Banyak hewan yang berhabitat di sini sehingga kamu pun dapat berinteraksi langsung. Ekowisata mangrove terletak di Kelurahan Kampung Baru, Penajam, Penajam Paser Utara.

memperbaiki bak cuci piring

Langkah Mudah Perbaiki Bak Cuci Piring di Rumah

lagu tentang hujan

Lagu tentang Hujan ala Musikus Indie