in

Destinasi Wisata Bawah Air di Sulawesi Utara Nggak Cuma Bunaken, Lho!

wisata bawah air di Sulawesi
Foto: intagram atgenpisulut

Ngobrolin.id—Sulawesi Utara tidak pernah kehilangan pesonanya sebagai tempat wisata. Bunaken, taman nasional yang juga terkenal karena keindahan terumbu karangnya telah sejak lama menjadi primadona. Padahal, destinasi wisata bawah air di Sulawesi Utara nggak cuma Bunaken, lho!

Nah, berikut ini destinasi wisata bawah air yang layak kamu datangi jika berkunjung ke Sulawesi Utara.

Pulau Lembeh

wisata bawah air di Sulawesi
Foto: intagram atgenpisulut

Pulau Lembeh terletak di pesisir timur Pantai Sulawesi, dekat dengan Kota Bitung. Pulau ini memiliki luasan dengan panjang 25 kilometer serta lebar 2 kilometer, dan terpisah dari pulau utama Sulawesi oleh Selat Lembeh.

Selat Lembeh dikenal dunia sebagai destinasi bagi makhluk laut langka, yakni beberapa spesies gurita, kuda laut, dan nudibranchia yang merupakan moluska bawah laut dengan bentuk dan warna sangat indah.

Para satwa laut itu menarik minat wisatawan, terutama para scuba divers dan fotografer bawah laut. Kamu bisa melakukan scuba diving jika cuaca cerah. Beberapa penginapan juga tersedia di pulau ini.

Pulau Bangka

Pulau Bangka berlokasi di timur laut Pulau Sulawesi. Belum banyak dikenal, pulau ini punya potensi wisata bawah air yang luar bisa.

Terdapat tiga desa di pulau ini, yaitu Lihunu, Kahuku, dan Libas. Sayangnya, kebijakan penambangan besi berdampak pada warna air dan udara di sekitar Pulau Bangka.

Hmm… padahal potensinya luar biasa, lho. Yuk, datangi lokasi ini untuk memperkenalkan keindahan bawah lautnya pada dunia.

Kepulauan Sangihe

wisata bawah air di Sulawesi
Foto: instagram genpisulut

Kepulauan Sangihe merupakan kumpulan pulau yang terdiri atas dua daerah di Sulawesi Utara, yaitu daerah Pulau Sangihe dan daerah Pulau Sitaro. Lokasi kepulauan tersebut sangat dekat dengan Laut Maluku dan Pulau Mindanao di Filipina.

Luasan total Kepulauan Sangihe mencapai 813 kilometer persegi dengan beberapa pulau memiliki gunung api vulkanik yang masih aktif. Jadi, selain scuba diving di pantainya yang sangat indah, kamu juga bisa berwisata ke gunung yang ada di sini.

Likupang

Likupang merupakan daerah yang terletak di sebelah utara daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Belum banyak dikulik, wisata ini baru diresmikan oleh Kementerian Pariwisata pada Maret 2019. Akses jalan, air, dan internet ditambahkan untuk mendukung majunya wisata Likupang.

Segarnya bermain air lengkap dengan mataharinya bisa terbayang, ya. Apalagi kalau kamu pencinta wisata bawah air, beuh, harus coba! Tahun ini, pemerintah juga menargetkan pengunjung wisata ke Sulawesi Utara mencapai 150 ribu orang dari total pengujung pada 2018 yang baru 100 ribu pengunjung. Gimana, udah siapkah kamu buat liburan?

dikonsumsi saat diare

Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Diare, Lho

pantai-pantai Gunung Kidul

Jelajahi Pantai Gunung Kidul dan Eksotismenya