in

Detektif Soleh, Film Seri Komedi yang Satire

Detektif Soleh
foto: Trailer Detektif Soleh

Ngobrolin.id — Jika kamu sedang bosan dengan film seri bertemakan drama percintaan dan sebagainya, kayaknya kamu boleh coba nonton film seri Detektif Soleh yang tayang di Mola TV. Film ini dibintangi oleh Chicco Kurniawan sebagai Soleh dan Lukman Sardi sebagai Komandan Rohmat.

Cerita bermula saat Soleh melamar sebagai detektif ke perusahaan detektif independen milik Rohmat. Soleh sebenarnya bercita-cita sebagai polisi, tetapi karena tinggi badanya kurang 2 cm dari standar yang sudah ditetapkan, akhirnya ia harus membuang jauh-jauh mimpinya tersebut. Soleh digambarkan sebagai seorang yang polos, sedikit ceroboh, tapi pandai berakting.

Singkat cerita, akhirnya Soleh diterima oleh Rohmat dan mulai diberi tugas untuk menyelidiki beberapa kasus.

Setiap episode pada film seri ini memiliki kasus yang berbeda-beda. Pada episode satu, Soleh harus menguak kasus penipuan yang sering dilakukan dukun palsu. Di episode kedua, Soleh ditugaskan mencari informasi terkait sindikat penyewaan bayi yang kerap digunakan pengamen dan pengemis jalanan.

Di episode ketiga Soleh bertugas untuk menguak praktik joki skripsi yang sering terjadi di beberapa kampus. Dan di episode terakhir, Soleh harus memecahkan kasus pencurian anjing yang sedang marak terjadi di kompleks perumahan.

Jumlah episode film seri ini memang terbilang pendek, hanya empat episode. Begitu pun dengan durasi filmnya, paling lama hanya sekitar 16 menit.

Meskipun jumlah episode dan durasinya pendek, isi film ini terasa padat karena memuat banyak hikmah. Ceritanya yang memuat sindiran dikemas dalam bumbu komedi sehingga film terasa ringan dan lucu.

Setiap kali Soleh sedang menyamar, Soleh justru menemukan beberapa tragedi yang sering menggambarkan realitas kehidupan. Misalnya, di episode terakhir, ketika Soleh harus menyamar sebagai tukang sayur. Saat itu ia berhadapan dengan dua orang ibu-ibu yang bergosip. Kedua ibu-ibu tersebut benar-benar menggambarkan karakteristik ibu-ibu yang gemar bergosip sambil belanja sayur.

Di bagian akhir film Detektif Soleh selalu ditutup dengan kekesalan Komandan Rohmat terhadap pekerjaan Soleh yang sering tidak benar.

 

 

 

3 hari untuk selamunya

3 Hari Untuk Selamanya, Ketakutan Terhadap Masa Depan

hustle culture

Hustle Culture, Overwork yang Sering Dilakukan Fresh Graduate